Jumat, 19 Oktober 2018 10:21 WITA

Perda Perlindungan Anak Baru Diterapkan Tahun Depan, Ini Alasannya

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Perda Perlindungan Anak Baru Diterapkan Tahun Depan, Ini Alasannya
Lisdayanti Sabri. Ist

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar baru saja mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan Anak menjadi Peraturan Daerah (Perda). Pengesahan itu dilakukan dewan dalam rapat paripurna yang terlaksana di gedung DPRD Makassar pada Senin (8/10/2018) lalu.

Lantas kapan Perda Perlindungan Anak itu bakal berlaku? Mengingat kasus terhadap anak kian marak. Yang terbaru, pelecehan terhadap anak pengungsi korban bencana gempa dan tsunami Palu di Kota Makassar

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Perda Perlindungan Anak, Lisdayanti Sabri mengatakan, Perda tersebut baru bisa berlaku pada tahun depan. "Karena banyak tahapan yang harus dilakukan sebelum berlaku," katanya, Jumat (19/10/2018).

Ia menjelaskan, semestinya Pansus butuh waktu minimal satu hingga dua tahun lamanya. Sebab hal yang utama dilakukan adalah bersosialisasi terhadap masyarakat di Kota Makassar.

"Jadi kami dari Pansus akan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat. Ini agar masyarakat juga tahu, kalau Perda ini sudah ada dan ini peraturannya," paparnya.

Politisi partai Gerindra ini menambahkan, nantinya sosialisasi bakal dilaksanakan di seluruh kelurahan dan kecamatan di Kota Makassar. Bahkan, Pansus juga berencana membidik setiap sekolah di Kota Makassar untuk sosialisasi Perda tersebut.

"Yang kita mau, Perda ini bisa dibaca dengan anak-anak dan mengetahui isinya. Perda ini kan dibuat dengan bahasa yang gampang dipahami, sehingga anak-anak bisa cepat mengetahui isi dari Perda," pungkasnya.