Jumat, 19 Oktober 2018 01:18 WITA

Sabri Kembali Daftar Jadi Sekretaris KPU, Danny Surati KPU RI

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Adil Patawai Anar
Sabri Kembali Daftar Jadi Sekretaris KPU, Danny Surati KPU RI
Danny Pomanto.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sabri secara diam-diam kembali mencalonkan diri sebagai Sekretaris KPU Makassar. Padahal, Sabri baru saja diberhentikan dan dipindahtugaskan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto ke Staf Bagian Umum Sekretaris Daerah Kota Makassar pada 1 Agustus lalu.

Niatan Sabri terendus oleh Danny, lewat Surat Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 1559/SDM.05.1-SB/05/SJ/X/2018 tanggal 11 Oktober 2018 perihal pengumuman hasil tes bagi sekretaris KPU kabupaten/kota. Dalam surat tersebut, tercantum nama Sabri.

Atas dasar itu, Pemkot melayangkan surat keberatan kepada KPU RI.

"Itu kan dia tes, tanpa ada permohonan izin dari kita (Pemkot). Secara kelembagaan dan regulasi, tidak boleh begitu," jelas Danny, saat dikonfirmasi via telepon, pada Kamis (18/10/2018).

Dalam surat yang diterbitkan pada 17 Oktober tersebut, ada tiga poin keberatannya:

1. Menyatakan keberatan atas keikutsertaan Drs Sabri yang mengikuti seleksi tersebut tanpa mengajukan izin tertulis dari pejabat yang berwenang dalam hal ini Wali Kota Makassar.

2. Saudara Drs Sabri telah dipindahkan dan diberhentikan dari jabatannya sebagai Sekretaris KPU Kota Makassar ke staf bagian umum Sekretaris Daerah Kota Makassar sebagaimana surat Wali Kota Makassar Nomor: 820.2.75-2018 tanggal 1 Agustus 2018

3. Saudara Drs Sabri dalam proses Sanksi Disiplin Berat sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, karena diduga tidak menjalankan tugas kedinasan tanpa alasan yang sah.

Perihal bentuk disiplin berat yang disebut dalam surat, Danny belum bisa merinci. Katanya, hal itu masih dalam pengkajian bagian kepagawaian. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari Sabri. Beberapa kali coba dikonfirmasi, namun tidak ada respons.