Kamis, 18 Oktober 2018 15:06 WITA

Dari Helikopter, TNI AL Akan Semprot Disinfektan ke Petobo, Balaroa dan Jono Oge

Editor: Aswad Syam
Dari Helikopter, TNI AL Akan Semprot Disinfektan ke Petobo, Balaroa dan Jono Oge
Persiapan penyemprotan disinfektan ke Balaroa, Petobo dan Jono Oge.

RAKYATKU.COM, PALU - Sebuah helikopter telah siaga. Beberapa cairan kimia juga terlihat disiapkan. Seorang wanita bertopi hitam, berkerudung merah, dengan tulisan kesehatan di jaket hijaunya, berbaur bersama pria berbaju loreng.

Mereka mengenakan masker. Wanita berkerudung merah, tampak membuka masker pink-nya. Mereka adalah Tim Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan TNI Angkatan Laut. Mereka membincangkan rencana penyemprotan disinfektan (spryer water) di tiga wilayah terdampak bencana di Sulteng, yakni, Petobo, Balaroa, serta Jono Oge, Kamis (18/10/2018).

Menurut Ketua Tim Satgas Kesehatan TNI AL Letkol Laut (K) drg Ketut Triwanto ,Sp.Ort., untuk efektifnya spryer water ini, akan dilaksanakan  setelah  pengambilan sampel air tanah di daerah likuefaksi Petobo, Balaroa dan Jono Oge, Kabupaten Sigi Sulteng pada Rabu (17/10/2018) kemarin.

Loading...

Tim satgas kesehatan TNI AL dari KRI dr. Soeharso, Kakes Kostrad, BMPB, KKP Tarakan dan Dinkes Provinsi Sulteng, bersama-sama telah melaksanakan survei untuk penentuan titik spryer water disinfektan. "Sasaran survei ini, nantinya menentukan titik lokasi penyemprotan," ujar Letkol Laut Ketut.

Spryer water disinfektan ini, akan diangkut helikopter ke sasaran. Dengan  tuas otomatisnya yang sudah   disetel, akan memancarkan air disinfektan dengan pelan, untuk membunuh bakteri, kuman yang timbul akibat  bencana gempa, tsunami dan likuefaksi pada Jumat (28/9/2018) lalu.

Loading...
Loading...