Kamis, 18 Oktober 2018 11:06 WITA

Sosialisasi Penanganan Bencana Sejak Dini, Basarnas Makassar Canangkan "SAR Goes To School

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Nur Hidayat Said
Sosialisasi Penanganan Bencana Sejak Dini, Basarnas Makassar Canangkan
Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana alam sangat tinggi khususnya untuk bencana gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami. Itu karena Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng/kerak bumi aktif. 

Guna mengurangi dampak bencana Basarnas Makassar canangkan program "SAR Go To School" untuk memberikan edukasi kepada murid-murid sekolah terkait pemahaman dan pencegahan penanganan sejak dini.

"Salah satu program kerja yang dimiliki Basarnas adalah SAR Goes To School. Di mana personel rescuer sebagai tenaga pengajar melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada siswa dan siswi, mengenai apa yang seharusnya dilakukan saat terjadi kecelakaan, musibah, ataupun bencana," kata Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari, Kamis (17/10/2018). 

Mustari mengatakan, program tersebut sudah dibicarakan dengan Gubernur Sulawesi Selatan saat kunjungannya ke kantor Gubernur Sulsel, beberapa waktu lalu. Program tersebut akan direliasasikan 2019 mendatang.

"Kita akan mengunjungi taman kanak-kanak, sekolah dasar, SMP, hingga SMA. Bahkan kita juga merencanakan untuk mengunjungi kabupaten-kabupaten yang berpotensi bencana," tutur Mustari.