Kamis, 18 Oktober 2018 09:40 WITA

Antisipasi Banjir, Dewan Wanti-wanti Pemkot Makassar

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Nur Hidayat Said
Antisipasi Banjir, Dewan Wanti-wanti Pemkot Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Masalah banjir dan genangan air di beberapa ruas jalan di Kota Makassar menjadi perhatian DPRD Kota Makassar. Pemkot Makassar diwanti-wanti agar melakukan langkah antisipatif.

Berkaca pengalaman masa lalu, ketika musim hujan tiba beberapa ruas jalan di Makassar seketika berubah menjadi sungai. Terlebih intensitas hujan turun dengan sangat tinggi.

Maka dari itu, anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Susuman Halim, meminta kepada Pemkot Makassar agar segera bergerak cepat dalam mengantisipasi hal tersebut sebelum musim hujan tiba. Dalam hal ini, adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar untuk melakukan perbaikan-perbaikan saluran drainase.

"Antisipasi banjir dan genangan air tahun ini harus ada dari pemerintah kota. Harus ada perbaikan-perbaikan saluran drainase sehingga musim hujan tahun ini ruas jalan atau wilayah bisa hilang atau berkurang jumlahnya yang tergenang maupun banjir," papar Susuman, Kamis (18/10/2018).

Menurutnya, kondisi sebagian wilayah di Makassar yang terendam genangan air dan banjir harus menjadi rujukan utama. Misalnya Jalan Boulevard, Jalan AP Pettarani, Jalan Pendidikan, dan Jalan Veteran.

Susuman berujar, bila anggaran atau dana menjadi alasan pemerintah kota tidak melakukan perbaikan drainase, itu omong kosong. Sebab, kata dia, hampir semua rapat-rapat yang digelar selalu fokus membahas penganggaran perbaikan saluran drainase.

"Fokus penganggaran kita kemarin ada pada rangkaian perbaikan saluran drainase. Satgas drainase juga sudah ada masing-masing kecamatan. Jadi kita berharap ini tidak ada lagi genangan dan bajir di Makassar musim hujan tahun ini," tegasnya.