Kamis, 18 Oktober 2018 08:46 WITA

Lompat dari Rumah Panggung, Kejar-kejaran, Pas Kelelahan Pencuri di Jeneponto Dikepung Polisi

Penulis: Zul Lallo
Editor: Nur Hidayat Said
Lompat dari Rumah Panggung, Kejar-kejaran, Pas Kelelahan Pencuri di Jeneponto Dikepung Polisi
Pelaku (duduk) saat diamankan polisi.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Pelarian Mustari (34), warga Sapaloe, Kelurahan Tolo Timur, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto berakhir usai berhasil dilumpuhkan oleh Tim Pegasus Polres Jeneponto.

Penangkapan terhadap pelaku di wilayah Jeneponto dipimpin oleh Aipda Abd Rasyad bekerja sama dengan Resmob Polres Mamuju, Rabu (17/10/2018).

Diketahui, pelaku pernah memasuki salah satu indekos dengan cara mencungkil pintu tanpa penghuni (kosong) dan mengambil sebuah handphone Samsung S8, kamera Cannon, laptop, dan uang Rp8 juta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kasubag Humas Polres Jeneponto AKP Syahrul. Menurut Syahrul, penangkapan terhadap pelaku bermula ditemukannya barang bukti sebuah HP Samsung S8 di salah satu counter, Sabtu (13/10/2018) lalu.

"Saat itu, pemilik counter diinterogasi (pemegang HP) dan mengakui bahwa pelaku (Mustari) yang datang menjual di tokonya dengan harga Rp2 juta. Kemudian dilakukan penyelidikan tentang keberadaan pelaku," kata Syahrul, Kamis (18/10/2018).

Tak lama, setelah ditemukan barang bukti, Tim Pegasus Polres Jeneponto bersama Resmob Polres Mamuju mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku di salah satu rumah tempat persembunyian di Kampung Tolo-Tolo, Kelurahan Tolo Utara, Kecamatan Kelara.

"Pelaku sempat melarikan diri di tempat persembunyiannya, dengan cara melompat dari rumah panggung. Sehingga terjadi aksi saling kejar dengan aparat," ucap Syahrul.

Pelaku berhasil dibekuk saat kelelahan dan memasuki salah satu rumah warga sehingga dilakukan pengepungan. Saat pelaku digeledah ditemukan sebuah badik di pinggangnya.

Kata dia, saat diinterogasi pelaku mengakui perbuatanya dan dilakukan pengembangan barang bukti lainnya.

"Alhasil, tim Resmob Mamuju mengamankan barang bukti, di antaranya kamera Cannon, HP Samsung S8, laptop, dan sebuah badik. Saat ini pelaku dibawa ke Polres Jeneponto, lanjut dibawa ke Polres Mamuju Polda Sulbar," jelasnya.