Kamis, 18 Oktober 2018 04:00 WITA

Warga Sinjai Kini Bisa Berobat Hanya Bermodal KK dan KTP

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Warga Sinjai Kini Bisa Berobat Hanya Bermodal KK dan KTP
Ahmad Marzuki

RAKYATKU.COM,SINJAI - Bupati Sinjai Andi Seto Gadhysta Asapa dan Wabup Andi Kartini Ottong mulai menerapkan programnya. Di bidang kesehatan, warga kini bisa berobat hanya bermodal kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP).

Hal itu disampaikan Sekertaris Daerah Kabupaten Sinjai Akbar Muin dalam konferensi pers di Warkop Teko Lampe Sinjai, Selasa malam (16/10/2018). Aturan itu berlaku bagi warga yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan BPJS.

"Terhitung malam ini, sesuai perintah bupati dan wakil bupati Sinjai kepada saya, seperti visi misi bupati," ungkap Akbar.

Pengumuman Akbar Muin di Warkop dilakukan setelah kerabat pasien bernama Fitri, mempersoalkan pelayanan RSUD Sinjai. Fitri menganggap diberatkan karena adanya aturan uang jaminan meski keluarganya yang sakit telah menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Salah seorang anggota tim transisi, Ahmad Marzuki, yang juga sebagai direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sinjai Bersatu, mengungkapkan bahwa kebijakan itu diterapkan sejak bupati dan wabup Sinjai dilantik.

"Kami dari tim transisi sudah pernah berdiskusi dengan perangkat daerah terkait program 100 hari bupati dan wakil bupati Sinjai ini," ujarnya, Rabu (17/10/2018).

"Jadi mulai malam ini pak bupati tidak mau lagi mendengar ada masyarakat Sinjai dipersulit dalam pelayanan kesehatan dengan meminta uang jaminan," ujarnya lagi.

Ahmad Marzuki menambahkan, program kesehatan gratis harus direalisasikan sesuai dengan visi misi dalam bidang kesehatan. Apalagi, dalam waktu dekat sesuai dengan program 100 hari, akan diresmikan gerai terpadu di RSUD yang di dalamnya ada dari BPJS, Dinas Sosial, Jasa Raharja, dan Catatan Sipil.

Ahmad Marzuki berharap semua perangkat daerah bisa mempelajari dan melaksanakan dengan baik visi-misi bupati dan wakil bupati karena arah dan tujuan program bupati Sinjai diutamakan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sinjai.

Tags