Kamis, 18 Oktober 2018 05:30 WITA

Survei SSI: Elektabilitas Tamsil Linrung Tertinggi di Dapil Sulsel 3

Penulis: Rizal
Editor: Abu Asyraf
Survei SSI: Elektabilitas Tamsil Linrung Tertinggi di Dapil Sulsel 3
Tamsil Linrung

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Script Survei Indonesia (SSI) merilis data survei popularitas dan elektabilitas 22 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Sulsel, Rabu (17/10/2018).

Survei tersebut digelar pada periode 3-9 September 2018 lalu dengan menggunakan metode multi stage random sampling. Responden yang digunakan sebanyak 400 orang. Survei ini dilakukan di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 3 yang meliputi Kabupaten Tana Toraja, Sidrap, Pinrang, Luwu, Luwu Utara, Enrekang, Palopo, serta Toraja Utara.

Hasilnya, Tamsil Linrung mengungguli popularitas tiga senator petahana khusus untuk survei di Dapil Sulsel 3 tersebut. Tamsil yang saat ini tercatat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini unggul dari segi popularitas atau pengenalan yang mencapai 8,29 persen dengan tingkat kesukaan 82,35 persen, serta tingkat elektabilitas mencapai 4,57 persen.

Sementara itu, incumbent Andi Muhammad Ihsan berada di urutan kedua dengan tingkat popularitas atau pengenalan mencapai 4,15 persen dengan tingkat kesukaan 88,24 persen, serta tingkat elektabilitas mencapai 3,74 persen.

Di bawah Tamsil dan Andi Muhammad Ihsan, ada nama Ketua DPRD Sulsel Moh Roem. Mantan bupati Sinjai tersebut memiliki tingkat popularitas atau pengenalan mencapai 2,44 persen dengan tingkat kesukaan 60,00 persen, serta tingkat elektabilitas mencapai 0,42 persen

Bagaimana dengan dua incumbent lainnya? AM Iqbal Parewangi berada di urutan keempat dengan tingkat popularitas atau pengenalan mencapai 2,20 persen dengan tingkat kesukaan 66,67 persen, serta tingkat elektabilitas mencapai 2,91 persen. Sementara itu, Ajiep Padindang jauh merosot di urutan kedelapan dengan tingkat popularitas atau pengenalan hanya 0,73 persen.

"Masih ada sekitar 70 persen belum menentukan pilihan. Ini bisa menjadi referensi awal bagi semua calon anggota DPD RI. Survei ini hanya khusus di Dapil Sulsel 3. Untuk dapil lain sementara berjalan surveinya," singkat Direktur SSI, Yuhardin, Rabu (17/10/2018).

Survei SSI: Elektabilitas Tamsil Linrung Tertinggi di Dapil Sulsel 3
 

Berita Terkait