Rabu, 17 Oktober 2018 23:00 WITA

Jeneponto Kirim Bidan ke Sulteng, Sasarannya Para Ibu Hamil

Penulis: Zul Lallo
Editor: Abu Asyraf
Jeneponto Kirim Bidan ke Sulteng, Sasarannya Para Ibu Hamil
Tenaga medis asal Jeneponto di Sulteng.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO - Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengirim 12 tim medis gelombang kedua.

Para bidan dikirim ke wilayah terdampak bencana gempa dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Mereka memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan cek USG.

Salah satu bidan dari Kabupaten Jeneponto, Eka Sulastri mengatakan tim medis langsung mendatangi para ibu hamil di pengungsian agar pelayanan bisa maksimal.

Jeneponto Kirim Bidan ke Sulteng, Sasarannya Para Ibu Hamil

"Kami lihat kondisi sekarang Kota Palu, pasca diguncang gempa tsunami. Tim IBI dari Jeneponto menelusuri tenda-tenda pengunsian yang ada di Kota Palu ternyata banyak ibu hamil yang ingin periksa kandungannya," kata Eka, Rabu (17/10/2018).

Pasien yang ingin melahirkan langsung dibawa ke posko yang sudah disiapkan KRI dr Suharso, kapal milik TNI AL yang bersandar di Pelabuhan Pantoloan yang tidak jauh dari para pengunsian. 

"Sejauh ini sudah ada 40 pasien ibu hamil yang kita cek rata-rata usia kandungan satu hingga tujuh bulan. Ada juga yang sudah melahirkan. Tiga pasien yang melahirkan," ucap Eka, bidan asal Kabupaten Jeneponto itu.