Rabu, 17 Oktober 2018 20:45 WITA

Salahkan Agen, Empat Pengacara Abu Tours Dicegat Usai Sidang

Penulis: Himawan
Editor: Abu Asyraf
Salahkan Agen, Empat Pengacara Abu Tours Dicegat Usai Sidang
Pengacara Abu Tours dicegat jemaah dan agen usai sidang, Rabu (17/10/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Para jemaah dan agen yang hadir di persidangan Direktur Utama Abu Tours Hamzah Mamba marah besar. Pemicunya, pernyataan penasihat hukum Hamzah Mamba yang menyalahkan para agen. 

Seusai sidang, para agen langsung mencegat empat pengacara Hamzah Mamba yang dipimpin Hendro Saryanto. Para agen sempat adu mulut dengan petugas keamanan PN Makassar ketika menghalang-halangi pengacara Hamzah Mamba. 

Kejadian ini tak cuma terjadi di dalam ruangan pengadilan. Di luar pengadilan, beberapa agen kembali meneriaki para pengacara. Menurutnya, tidak pantas jika penasihat hukum Abu Tours mengatakan agen bersalah dalam kasus penggelapan ini. 

"Kenapa dia sebut salah agen? Kita di sini tertipu. Kuasa hukumnya ini asal bicara," kata salah satu agen Abu Tours. 

Mendengar perkataan ini, empat pengacara Abu Tours bergeming. Mereka terus berlalu. 

Sementara itu, salah satu agen yang tergabung dalam aliansi jemaah dan korban Abu Tours, Anugrah mengatakan, keterangan saksi yang dihadirkan di sidang Hamzah Mamba mengaku keberatan. 

Menurutnya keterangan saksi lebih banyak menguntungkan Hamzah Mamba. Ia menuding, para saksi yang hadir di bawah tekanan pengacara Hamzah. 

"Keterangan saksi banyak yang melenceng. Tidak sesuai dengan realita. Pertama ada tekanan dari kuasa hukum," kata Anugrah, Rabu (17/10/2018).

Salahkan Agen, Empat Pengacara Abu Tours Dicegat Usai Sidang

Menanggapi hal ini, jaksa penuntut umum, Tabrani mengungkapkan jika saksi yang dihadirkan tidak melemahkan dakwaan jaksa. Menurutnya, keterangan saksi sudah benar karena menyebut semua dana yang yang dibayarkan masuk ke rekening Abu Tours. 

"Tidak ada melemahkan. Memang mekanismenya seperti itu yang pada intinya dana seluruh jemaah umat itu masuk ke Abu Tours," ungkapTabrani.

"Itu kan kuitansinya jelas masuk ke rekening Abu Tours. Dana yang sesuai kuitansi itu memang masuk ke rekening Abu Tours," ujar Tabrani.