Rabu, 17 Oktober 2018 18:53 WITA

321 Calon Kades di Maros Ikuti Tes Wawancara

Penulis: Muh. Basri
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
321 Calon Kades di Maros Ikuti Tes Wawancara

RAKYATKU.COM, MAROS -- Sebanyak 321 Calon Kepala Desa yang ikut dalam perhelatan pemilihan kepala desa (Kades) di Kabupaten Maros, mulai menjalani tes wawancara. Tes ini berlangsung selama tiga hari.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan dan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Maros, Muhammad Aris mengatakan, tes wawancara ini merupakan salah satu tahapan dalam yang harus dijalani oleh calon kades.

Beberapa item pertanyaan wawancara tentang bidang pemerintahan, bidang agama dan lain-lain. Dia mengurai dari 321 orang calon kades yang bertarung, 16 orang diantaranya merupakan perempuan.

"Dalam tes wawancara ini ada beberapa komponen penilaian. Seperti  bidang pengetahuan umum, pemerintahan, bidang pembangunan, bidang kemasyarakatan agama, dan sosial budaya. Mereka diuji oleh tujuh orang penguji," kata Aris.

Dengan adanya tes ini kata Aris, secara tidak langsung memudahkan PMD Maros melakukan pembinaan saat para calon ini terpilih sebagai kades karena PMD dapat mengukur tingkat wawasan para calon kades dan bagaimana kemampuan berpikirnya. 

Setelah tes wawancara tersebut, cakades akan menjalani tahap kampanye, yang dijadwalkan selama tiga hari, yakni 25 Oktober hingga  27 Oktober mendatang.