Rabu, 17 Oktober 2018 13:53 WITA

Manajer Manifes Abu Tours Jadi Saksi, Hamzah Mamba: Keterangannya Mutar-mutar

Penulis: Himawan
Editor: Nur Hidayat Said
Manajer Manifes Abu Tours Jadi Saksi, Hamzah Mamba: Keterangannya Mutar-mutar
Sidang perkara penggepalan dan pencucian uang jemaah umrah Abu Tours, di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (17/8/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Manajer Manifes Abu Tours, Sarmila, dihadirkan sebagai saksi dalam sidang perkara penggepalan dan pencucian uang jemaah umrah Abu Tours yang melibatkan mantan Direktur Utama Abu Tours, Hamzah Mamba, sebagai terdakwa, di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (17/8/2018).

Dalam kesaksiannya, Sarmila mengaku tidak mengenal Nursyariah Mansyur yang menjabat sebagai Komisaris PT Abu Tours. Peran Nursyariah dipertanyakan karena dalam kesaksiannya itu, yang mengatur pemberangkatan jemaah hanyalah Hamzah Mamba.

Sarmila juga mengakui jemaah calon umrah Abu Tours terakhir diberangkatkan pada Desember 2017. Pemberangkatan ini yang tidak mengikuti isi maklumat yang dikeluarkan Abu Tours. "Paling terakhir untuk wilayah timur akhir Desember," kata Sarmila.

Sarmila juga mengungkapkan selain untuk mengatur pemberangkatan, ia tidak mengetahui alasan di balik keberangkatan jemaah karena yang mengatur semua adalah Hamzah Mamba. 

Selain itu, terkait laporan keberangkatan, yang seharusnya dilaporkan kepada Nursyariah Mansyur, Sarmila mengaku tidak pernah berhubungan Nursyariah karena hanya terhubung dengan zeseorang yang disebut Nurhayati. 

"Saya mengenal Ibu Ria bukan sebagai pengatur yang memberangkatkan jemaah ke vendor tapi Abu Hamzah," tutur Sarmila. 

Kesaksian Sarmila ini pun mendapat tanggapan oleh Hamzah Mamba. Hamzah menyebut memang ada sebagian pernyataan Sarmila yang benar, tetapi ia mengatakan keterangan Sarmila berputar-putar.

"Keterangannya mutar-mutar, Pak. Karena yang mengatur pemberangkatan itu saya. Masalah keberangkatan dia yang tidak tahu, Pak," kata Hamzah di hadapan majelis hakim yang diketuai Denny Lumban Tobing.