Selasa, 16 Oktober 2018 20:12 WITA

Napi yang Kabur Saat Gempa Palu Menyerahkan Diri ke Rutan Pinrang

Penulis: Junaedi
Editor: Fathul Khair Akmal
Napi yang Kabur Saat Gempa Palu Menyerahkan Diri ke Rutan Pinrang
Nurdin Burhan (tengah) napi yang kabur saat gempa Palu, menyerahkan diri ke Rutan Klas IIB Pinrang, Selasa (16/10/2018).

RAKYATKU.COM PINRANG - Seorang narapidana Lapas Klas IIA Palu, Nurdin Burhan menyerahkan diri ke Rutan Klas IIB Pinrang. Dia termasuk salah satu napi yang kabur saat gempa bumi melanda Palu beberapa waktu lalu.

Nurdin adalah warga Daya, Sudiang Makassar. Ditemani keluarga, di datang menyerahkan diri, Selasa (16/10/2018).

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Pinrang, Rusdin, mengatakan Nurdin tidak berniat kabur saat gempa terjadi di Palu. Namun dia hanya berusaha menyelamatkan diri.

"Memang niatnya hanya ingin menyelamatkan diri. Dan sekarang dia bertanggung jawab dengan menyerahkan dirinya ke sini, dimana sebelumnya telah melapor hari Senin juga didampingi keluarganya" kata Rusdin.

Nurdin Burhan merupakan terpidana kasus narkoba dengan hukuman sepuluh tahun subsider empat bulan penjara. 

"Kami telah laporkan ini ke Karutan Pinrang, dan Karutan telah melaporkannya ke Kakanwil dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kumham SulSel. Sehingga atas laporan itu Karutan perintahkan untuk berkoordinasi dengan pihak Polres Pinrang terkait yang bersangkutan," ujar Rusdin.

Sementara itu, Nurdin mengaku sudah sepekan berada di Pinrang dan menyerahkan diri ke Rutan Pinrang merupakan saran dari beberapa keluarga utamanya istrinya.

"Saya lalu ke sini untuk melanjutkan masa hukuman saya dan menyerahkan apa yang terbaik buat saya oleh pihak Rutan Pinrang," ucap Nurdin.