Senin, 15 Oktober 2018 13:25 WITA

Bawaslu Barru Copot Ratusan APK Caleg yang Melanggar

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Nur Hidayat Said
Bawaslu Barru Copot Ratusan APK Caleg yang Melanggar
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barru bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) 2019.

RAKYATKU.COM, BARRU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barru bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) 2019.

Penertiban APK Caleg itu dilakukan di tempat-tempat umum di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Ketua Bawaslu Barru, Nur Alim, yang memimpin penertiban APK mengakatan, dalam penertiban ini sedikitnya 100-an APK yang sudah diamankan Bawaslu dan Satpol PP Barru.

Ia mengatakan, dari hasil penertiban sementara, APK Caleg yang paling banyak ditemukan melanggar adalah APK Caleg tinggkat provinsi dan Caleg RI.

"Dari 100-an APK Caleg yang kita sudah copot, mayoritas APK milik Caleg provinsi Sulsel dan Caleg RI. Sementara APK dari Caleg kabupaten yang lainnya hanya beberapa saja ditemukan melanggar," ujar Nur Alim, Senin (15/10/2018).

Adapun APK Caleg yang telah dicopot yakni APK dalam bentuk spanduk, banner, dan juga stiker-stiker.

Nur Alim mengungkapkan, sebelum pertiban APK itu dilakukan, Bawaslu melalui KPU Barru telah melayangkan surat teguran ke Parpol Caleg yang melanggar.

Loading...

Namun, surat teguran tersebut tak dihiraukan sehingga Panwas dan Satpol PP turun tangan mencopot APK para Caleg yang melanggar tersebut.

Menurut Nur Alim, penempatan APK sebelumnya sudah ditentukan oleh PKPU. Penempatan APK itu seperti di lapangan (sepak bola) di tiap kecamatan dan di ruang pribadi atau milik orang lain yang sudah dapat izin dari pemilik.

"Di luar daripada itu tidak boleh, seperti di tempat ibadah, pendidikan, taman, dan termasuk di trotoar yang ada di jalanan," jelasnya.

Nur Alim pun mengimbau agar para Caleg tertib memasang APK sesuai aturan yang telah ditetapkan dalam PKPU.

"Kami imbau untuk semua Caleg jangan menempatkan APK ditempat-tempat yang dilarang sebagaimana yang sudah diatur di dalam PKPU," tuturnya.

Loading...
Loading...