Minggu, 14 Oktober 2018 16:43 WITA

Mendagri Sebut Dua Gubernur PKS Dukung Jokowi, MSI Akui Tak Masuk Timses Prabowo-Sandi

Editor: Abu Asyraf
Mendagri Sebut Dua Gubernur PKS Dukung Jokowi, MSI Akui Tak Masuk Timses Prabowo-Sandi
Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman

RAKYATKU.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sempat menyebut dua gubernur asal PKS mendukung Jokowi pada Pilpres 2019. Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman (MSI) akhirnya memberikan tanggapan.

Kedua gubernur asal PKS yang dimaksud Tjahjo yakni Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah.

Dukungan Irwan kepada Jokowi pertama kali disampaikan Mendagri Tjahjo Kumolo. Saat itu, Tjaho yang hendak mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR RI menyebut ada gubernur dari partai lain yang mendukung Jokowi.

"Pak Jokowi ini Indonesia sentris ini ada manfaatnya. Makanya mereka dukung kedua kali," kata Tjahjo pada Selasa (10/7/2018).

Namun, klaim itu ditepis Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman. Dia memastikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah tidak akan mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Tidak jadi timses, sudah barang tentu, apalagi menjadi timses nomor satu (Jokowi-Ma'ruf). Jelas kita tidak perbolehkan. Sejauh ini keduanya tidak menyatakan sebagai timses," tegas Sohibul di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Minggu (14/10/2018).

Meski demikian, Sohibul menyebut keduanya tidak akan ikut mendukung Prabowo-Sandi secara aktif. Apalagi jika kedua kepala daerah tersebut harus menjadi bagian dari tim sukses.

"Kami punya kebijakan di partai ini dan partai koalisi, bahwa kepala daerah-kepala daerah PKS, Gerindra, PAN, atau Demokrat, mereka kita minta fokus mengurus daerahnya dan mengurus rakyat, tidak ikut serta dalam timses," jelasnya.