Minggu, 14 Oktober 2018 15:43 WITA

Mayat Sembilan Pendaki yang Tewas di Nepal Telah Ditemukan

Editor: Suriawati
Mayat Sembilan Pendaki yang Tewas di Nepal Telah Ditemukan
Gunung Gurja (AFP)

RAKYATKU.COM - Tim penyelamat mulai mengambil mayat sembilan pendaki yang tewas akibat badai salju dahsyat di Gunung Gurja, Nepal.

"Semua sembilan mayat telah ditemukan dan tim sedang menurunkan mereka dari gunung," kata Siddartha Gurung, seorang pilot helikopter yang mengoordinasikan misi pengambilan.

Para korban adalah lima pendaki dari Korea Selatan, dan empat pemandu Nepal. Mereka berada di kamp di ketinggian 3.500 meter ketika angin kencang dan salju menyapu, dan menghamburkan tubuh mereka sejauh 500 meter.

"Base camp tampak seperti bom meledak," kata Dan Richards dari Global Rescue, sebuah kelompok bantuan darurat yang berbasis di AS yang akan membantu upaya pengambilan.

Tim ekspedisi itu dipimpin oleh pendaki Korea Selatan yang berpengalaman, Kim Chang-ho. Dia telah menaklukkan 14 gunung tertinggi di dunia tanpa menggunakan oksigen tambahan.

Para ahli gunung mempertanyakan bagaimana tim yang berpengalaman itu terhantam badai parah saat masih di base camp sekitar 3.500 meter.

"Pada titik ini kami tidak mengerti bagaimana ini terjadi. Anda biasanya tidak mendapatkan angin ekstrim seperti itu di ketinggian dan kamp-kamp dasar," kata Richards.

Tim pendaki ini telah berada di Gunung Gurja sejak awal Oktober, dan berharap dapat mendaki gunung setinggi 7.193 meter yang jarang didaki melalui rute baru.

Seorang pendaki lainnya dari Korea Selatan selamat karena tinggal di lembah yang lebih rendah ketika badai menghantam. Dia tidak ikut timnya karena masalah kesehatan.

Tags