Minggu, 14 Oktober 2018 15:30 WITA

Menang Pemilu Sela, Ini Perjanjian Anwar Ibrahim dengan Mahathir Mohamad

Editor: Abu Asyraf
Menang Pemilu Sela, Ini Perjanjian Anwar Ibrahim dengan Mahathir Mohamad
Anwar Ibrahim

RAKYATKU.COM - Anwar Ibrahim resmi kembali ke parlemen. Dia menang dalam Pemilu sela akhir pekan ini. Kini, dia siap-siap menagih janji Mahathir Mohammad. Seperti apa?

Dalam penghitungan suara pada Sabtu (13/10/2018), Anwar mendapatkan suara mayoritas sebanyak 23.500 suara di Port Dickson, negara bagian Negeri Sembilan. Kemenangan ini menandainya kembali Anwar ke panggung politik pasca bebas dari penjara lima bulan lalu.

Sebelum Pemilu yang dimenangkan Mahathir, Anwar Ibrahim membuat kesepakatan khusus. Selain memasang istrinya, Wan Azizah Wan Ismail sebagai wakil perdana menteri, Mahathir juga berjanji menyerahkan jabatannya kepada Anwar jika mampu menang dalam Pemilu sela.

Penyerahan takhta tersebut berdasarkan perjanjian koalisi Pakatan Harapan sebelum pemilihan umum.

"Jika kalian bertanya apakah saya percaya kepada Mahathir mengenai transisi jabatan, saya jawab, 'ya, percaya dia.' Posisi PM sudah jauh sebelumnya disepakati semua pihak koalisi untuk diberikan kepada Mahathir," kata Anwar saat berpidato di forum kepemimpinan di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

"Tun Mahathir juga sudah berulang kali menjanjikan penyerahan jabatan itu jadi saya tidak perlu meragukan integritasnya soal komitmen," lanjutnya ketika itu.

Dalam perjanjian tersebut, jika Mahathir resmi menyerahkan jabatan PM kepada dirinya, istri Anwar Ibrahim, Wan Azizah Wan Ismail juga akan mengundurkan diri sebagai wakil perdana menteri.

Mahathir pernah memenjarakan Anwar atas tuduhan sodomi dan korupsi untuk menjegal karier politiknya. Namun, Anwar menegaskan ia sudah sepenuhnya memaafkan Mahathir.

"Kami sudah berperang sengit hampir 20 tahun dan saya memilih untuk saling memaafkan karena agenda reformasi dan kesejahteraan rakyat lebih utama," kata Anwar.