Minggu, 14 Oktober 2018 08:43 WITA

"Profesor Tawari Saya Nilai Bagus Jika Tidur Dengannya," Ujar Wanita Sarjana Ini

Editor: Aswad Syam
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, BROOKLYN - Seorang wanita yang kini sudah sarjana berkisah. Bagaimana dia dilecehkan seorang guru besar ilmu anatomi, saat dia sedang dalam tahan penyelesaian akhir di LaGuardia Community College.

Saat itu Oktober 2017. Mahasiswi yang kini berusia 40 tahun itu, sebut saja Jane Doe. Hari itu, dia ditelepon Profesor Hany Fam. Dia akan datang ke apartemen Jane guna mendiskusikan nilai. 

Awalnya, Jane Doe mengajukan berbagai alasan, agar profesor berusia 60 tahun itu tidak bertamu ke apartemennya.

Takut dia akan menyinggung gurunya dan mungkin membahayakan nilainya, Jane akhirnya mengalah.

Fam tiba di apartemen Jane di Brooklyn, dan memberi Jane sebotol anggur, juga ciuman di pipi. Dia duduk di sofa dan mengatakan kepadanya, bahwa dia kesepian dan memiliki masalah dalam pernikahannya.

Fam membuka kancing bajunya, dan mengungkapkan bekas luka. Dia mengaku memiliki kondisi jantung, yang membuatnya hanya bisa hidup beberapa tahun lagi.

Jane bangkit dari duduknya. Dia minta izin pergi ke dapur untuk menyuguhkan camilan untuk sang profesor. Tetapi Profesor Fam mengikutinya, dia membungkuk untuk memeluk Jane dari belakang, dan menyuruhnya untuk bersantai. Ini terungkap dalam dokumen di pengadilan.

Setelah menuangkan dua gelas anggur - yang menurut wanita itu Profesor Fam menolak untuk minum - Fam mengatakan, bahwa dia bisa membuat semuanya lebih mudah untuknya, dan berulang kali bertanya apakah dia akan menjadi temannya.

Ketika wanita itu bertanya apakah "teman" adalah kode untuk "seks",  Profesor Fam mengangguk.

Fam menyarankan agar mereka bertemu seminggu sekali, dan mengatakan itu tidak akan sulit baginya karena kondisi jantungnya.

Lebih jauh, Fam mengatakan, profesor lain juga memiliki pengaturan yang sama dengan mahasiswi.

Ketika Jane membuat ekspresi tidak tertarik, profesor mengatakan kepada Jane agar tidak terlalu tegang.

Dalam perjalanan keluar, Fam memberikan kepadanya apa yang tampak sebagai pertanyaan dan jawaban untuk kuis terjadwal hari berikutnya, dan meminta Jane memikirkan tawarannya.

Jane itu akhirnya tidak pernah kembali ke kelas Fam, dan melaporkannya ke kantor Campus Title IX, yang menangani keluhan pelecehan seksual.

Perguruan tinggi itu menyimpulkan, bahwa Fam menawarkan nilai yang bagus ... sebagai imbalan atas bantuan seksual. Demikian menurut gugatan di pengadilan federal Brooklyn.

Kasus ini muncul di tengah-tengah dugaan bualan bahwa para profesor di John Jay College of Criminal Justice di CUNY, memperkosa dan mencoba untuk membuat germo siswa dan menggunakan dan menjual narkoba di kampus. Skandal yang meluas, sekarang sedang diperiksa oleh kantor Jaksa Wilayah Manhattan dan Inspektur Jenderal negara, pertama kali diungkap bulan lalu oleh The Post.

Seorang juru bicara LaGuardia mengatakan kepada The Post, bahwa hari terakhir profesor di kelas adalah hari ketika keluhan siswa diajukan, pada 7 November 2017, dan Fam diberhentikan pada 11 Januari 2018.

"Dia tidak memenuhi syarat untuk bekerja di LaGuardia,” kata juru bicara Elizabeth Streich.

Perguruan tinggi negeri yang terletak di Long Island City, yang menawarkan gelar asosiasi dua tahun, juga setuju untuk memberikan konseling bagi korban, menutupi biaya materi pelajarannya dan pendaftaran kembali di kelas, tetapi tidak menghapus penarikannya dari kelas di transkripnya.

Wanita itu - yang diwakili oleh Carrie Goldberg, pengacara Brooklyn yang mendukung setidaknya dua penuduh Harvey Weinstein - mengklaim hidupnya telah berubah gelap, karena tekanan emosional dari cobaan itu. 

Dia bahkan merasa tidak aman di rumahnya sendiri, karena Profesor Fam tahu di mana dia tinggal.

Penggugat mengatakan kepada Post, bahwa dia ingin mempertahankan anonimitasnya karena dia takut akan akibatnya.

“Dia jelas bukan orang yang baik, jadi saya tidak tahu berapa lama dia akan pergi. Ini menakutkan bagi seorang wanita lajang yang tinggal sendirian. ”

Dia mencari kerusakan yang tidak ditentukan dan persidangan juri.

Makalah pengadilan juga mengklaim, Fam adalah bagian dari budaya yang lebih luas dari perilaku serupa oleh para profesor LaGuardia.

Dalam ulasan untuk Fam di situs web Rate My Professor, seorang siswa menulis pada bulan Oktober 2017 bahwa ia membuang waktu pada lelucon kotor.  "Saya tidak tahu bagaimana menghormati seorang profesor yang membuat lelucon kotor sepanjang waktu.”

Fam telah menjadi dosen di LaGuardia Community College dan asisten profesor di CUNY's York College di Queens setidaknya sejak 2012, menurut SeeThroughNY. Dia berpenghasilan USD35.000 tahun lalu dari LaGuardia dan USD14.000 dari York.

Fam tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar.