Sabtu, 13 Oktober 2018 20:37 WITA

Siapa Pahlawan di Balik Kemegahan F8? inilah Dia...

Editor: Eka Nugraha
Siapa Pahlawan di Balik Kemegahan F8? inilah Dia...
Petugas kebersihan pada event F8 di Pantai Losari Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau yang lebih dikenal dengan istilah F8, sudah menjadi event nasional yang paling ditunggu. Tidak hanya oleh masyarakat Makassar, tetapi juga daerah lain di Indonesia hingga mancanegara.

Bahkan pada tahun ketiga pelaksanaan event tersebut, jumlah daerah dan negara yang ikut berpartisipasi pun tidak berkurang. Setiap tahun, jumlahnya bertambah.

Terbukti, setidaknya ada 18 negara dan 40 daerah dari seluruh di Indonesia, turut ambil bagian dalam event yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Makassar itu. Di balik kesuksesan perhelatan event yang berlangsung di Anjungan Pantai Losari, sejak 10 Oktober sampai dengan 14 Oktober 2018 ini, ternyata terdapat banyak sosok berjasa.

Salah satunya yaitu para petugas kebersihan.

Bekerja hingga pulang pukul 02.00 Wita dini hari. Petugas yang kerap menggunakan baju kebesaran berwarna orange itu. Tanpa lelah membersihkan Anjungan Pantai Losari dari berbagai jenis sampah.

"Kami bekerja terus. Lihat sampah langsung pungut. Intinya kami tidak mau melihat lokasi (Anjungan Pantai Losari) ini kotor," kata  Syarifuddin, petugas kebersihan di Kecamatan Ujung Pandang, Sabtu (13/10/2018).

Sampah, lanjut pria berusia 40 tahun itu, memang kerap menjadi persoalan saat Anjungan Pantai Losari digunakan sebagai lokasi acara. Apalagi untuk event sebesar F8.

Ditambah lagi jika kesadaran pengunjung atas pentingnya menjaga kebersihan masih sangat rendah.

Namun, kendati harus berhadapan dengan berkarung-karung sampah tiap harinya, Syarifuddin mengaku sangat menikmati pekerjaan yang telah dilakoninya dalam empat tahun terakhir.

"Bekerja di kebersihan itu kenikmatan bagi saya. Apalagi jika untuk event F8. Saya hanya berfikir, bagaimana saya bisa ikut serta dalam mensukseskan acara ini. Karena apabila pengunjung merasa nyaman di F8, tentu pemerintah juga akan puas. Maka saya juga senang," tutupnya sambil menyunggingkan senyum.