Sabtu, 13 Oktober 2018 19:04 WITA

Anda Mendaftar Formasi Ini? Bersiap-siaplah Kenakan Seragam PNS

Editor: Abu Asyraf
Anda Mendaftar Formasi Ini? Bersiap-siaplah Kenakan Seragam PNS
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Ada kabar gembira bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018. Terutama yang mendaftar pada beberapa formasi. Peminatnya kurang sehingga persaingan lebih ringan.

Pendaftaran CPNS masih dibuka hingga Senin (15/10/2018). Berdasarkan data sementara, sudah lebih empat juta orang yang mendaftar. Ternyata ada beberapa formasi di beberapa instansi yang minim pelamar sejauh ini.

Persaingan paling ringan terjadi pada Badan Informasi Geospasial. Hingga Jumat (12/10/2018), pendaftar tercatat hanya 545 orang. Sementara kuotanya 50 CPNS yang terdiri atas lima formasi cum laude, satu formasi disabilitas, 43 formasi umum, serta satu formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

Artinya, satu kuota hanya diperebutkan rata-rata 10 orang. Pelamar hanya perlu menyingkirkan sembilan orang untuk mengenakan seragam CPNS.

Persaingan ringan juga terjadi pada Badan Pengawas Tenaga Nuklir. Tercatat hanya 472 pendaftar hingga Jumat (12/10/2018). Instansi ini menyiapkan 25 formasi yang terdiri atas dua formasi lulusan terbaik, satu formasi disabilitas, dan 22 formasi umum.

Artinya, satu kuota CPNS hanya diperebutkan sekitar 18 pelamar. Kondisi ini juga menunjukkan persaingan tidak seketat formasi lainnya pada instansi lain.