Sabtu, 13 Oktober 2018 18:43 WITA

Indonesia Dikelilingi Cincin Api Dunia, BMKG Minta Warga Siapkan Ini Mulai Sekarang

Editor: Abu Asyraf
Indonesia Dikelilingi Cincin Api Dunia, BMKG Minta Warga Siapkan Ini Mulai Sekarang
Peta gempa di Indonesia. (SUMBER: BMKG)

RAKYATKU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan potensi bencana Indonesia. Lembaga itu mengingatkan warga agar menyiapkan upaya mitigasi mulai sekarang.

BMKG menyebutkan bahwa secara geografis, Indonesia dikelilingi “Cincin Api Dunia”. Makanya, kesiapsiagaan dan mitigasi bencana harus disiapkan dari sekarang. Pembangunan rumah sudah harus mempertimbangkan potensi bencana itu.

Indonesia menjadi salah satu negara yang berada dalam cakupan Ring of Fire. Beberapa negara lainnya juga termasuk dalam area ini di antaranya Selandia Baru, Filipina, Jepang, Alaska, Meksiko, dan Guatemala.

Kepala Pusat Gempa Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono mengatakan, daerah yang berada dalam kawasan Ring of Fire memiliki potensi gempa, tsunami, dan aktifnya gunung-gunung berapi.

Jalur sumber gempa di antaranya meliputi Aceh, Pulau Sumatera ke arah barat di antaranya Nias, Mentawai, dan barat Enggano. Lalu ke selatan Jawa, terus lurus ke selatan Nusa Tenggara sampai masuk ke wilayah Maluku. 

"Sama juga kalau dari atas itu mulai dari Jepang, Filipina, ke bagian utara Sulawesi di sana, itu daerah-daerah rawan gempa," urai Rahmat.

Di tengah maraknya gempa bumi dan erupsi gunung berapi, BMKG mensosialisasikan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana harus disiapkan dari sekarang.