Sabtu, 13 Oktober 2018 18:20 WITA

Ada Cahaya Putih di Langit, Rupanya Pesawat Nuklir Hipersonik China

Editor: Suriawati
Ada Cahaya Putih di Langit, Rupanya Pesawat Nuklir Hipersonik China
Foto: AsiaWire

RAKYATKU.COM - Serangkaian gambar luar biasa dari China menunjukkan gumpalan cahaya terang yang melesat di langit.

Cahaya putih itu disaksikan oleh orang-orang di ibukota Beijing serta di wilayah utara Mongolia dan provinsi Shaanxi.

Itu diyakini diciptakan oleh pesawat hipersonik yang dimiliki oleh militer China, yang sedang diuji coba.

Meskipun pemerintah belum mengkonfirmasi pengujian tersebut, namun blogger militer China mengklaim bahwa fenomena menakutkan itu disebabkan oleh kendaraan hipersonik yang mereka kenal sebagai DF-ZF.

Pada tahun 2014, Kementerian Pertahanan Nasional China mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan pesawat DF-ZF. Sejak saat itu, pesawat tersebut telah diuji tujuh kali.

Ada Cahaya Putih di Langit, Rupanya Pesawat Nuklir Hipersonik ChinaMenurut laporan, cahaya putih berasal dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan di provinsi Shanxi, China Utara. Dan karena tidak ada peluncuran satelit lainnya yang dilaporkan pada hari itu, maka kuat dugaan bahwa cahaya itu memang ditimbulkan oleh uji penerbangan kedelapan pesawat itu.

DZ-ZF memiliki kecepatan antara Mach 5 (6.173 km/jam hingga Mach 10 (12.360 km/jam) dan dijadwalkan untuk beroperasi pada 2020.

Ada Cahaya Putih di Langit, Rupanya Pesawat Nuklir Hipersonik ChinaLaporan intelijen AS yang dikutip di media pemerintah Cina pada tahun 2015 telah membahas bahwa Cina mungkin mengembangkan kendaraan hipersonik yang dapat membawa senjata nuklir dan melakukan serangan presisi, bahkan mengalahkan sistem pertahanan rudal yang paling kompleks.