Sabtu, 13 Oktober 2018 15:49 WITA

Seminar Sudirman Said Digelar di Restoran, Ini Pernyataan Mengejutkan UGM

Editor: Abu Asyraf
Seminar Sudirman Said Digelar di Restoran, Ini Pernyataan Mengejutkan UGM
Iva Aryani

RAKYATKU.COM - Seminar yang menghadirkan pembicara dua mantan menteri di kabinet Jokowi-JK, Sudirman Said dan Ferry Mursyidan Baldan batal digelar di kampus UGM. Lokasinya pindah ke salah satu rumah makan di Sleman, Sabtu (13/10/2018).

Awalnya, seminar itu akan digelar di Fakultas Peternakan UGM. Menurut Sudirman, seminar itu memang digagas sejumlah mahasiswa di Fakultas Peternakan. Izin sempat diberikan, tiba-tiba dicabut kembali. Mahasiswa kemudian mengubah lokasi seminar.

"Mereka mencari solusi. Kontak seniornya cari tempat di luar kampus untuk tetap menyelenggarakan diskusi. Saya salut pada kegigihan aktivis UGM," kata Sudirman.

Sempat beredar isu bahwa pembatalan izin itu ada unsur politisnya. Tak hanya itu, mahasiswa yang terlibat dalam kepanitiaan terancam sanksi. Mereka disebut terancam drop out. Hal itu diungkapkan juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade.

Namun, Humas UGM Iva Aryani membantah pembatalan izin itu bermuatan politis. Dia menjelaskan alasan pencabutan izin peminjaman auditorium sebagai lokasi seminar. Dia memastikan pembatalan murni karena masalah administrasi.

"Karena ternyata bukan acara BEM, tak ada kaitannya dengan civitas, tidak di bawah koordinasi fakultas, ya itu izin penggunaan ruangan dicabut. Sementara di Fakultas Peternakan ada aturan penggunaan sarana dan prasarana. Jadi lebih kepada persoalan administrasi, yang akan menggunakan bukan mahasiswa, bukan BEM, bukan civitas," sebut Iva. 

Lantas bagaimana dengan nasib mahasiswa yang menjadi panitia? Iva mengatakan pihak kampus tidak pernah memberikan ancaman drop out kepada mahasiswa yang ikut panitia seminar.

"Tidak ada itu DO, tidak pernah mungkin pimpinan universitas atau fakultas dengan mudah memberi ancaman DO karena proses DO itu panjang, rumit. Kami tekankan pihak universitas tidak akan memberi sanksi apapun terhadap mahasiswa UGM yang ikut kepanitiaan seminar itu, kami menjamin yang bersangkutan tetap bisa berkuliah, beraktivitas di kampus," imbuhnya. 

Tags