Sabtu, 13 Oktober 2018 14:28 WITA

15 Negara Sudah Lirik Investasi di Makassar

Editor: Mulyadi Abdillah
15 Negara Sudah Lirik Investasi di Makassar
Danny Pomanto

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengklaim, telah ada 15 negara yang ingin melakukan investasi di Makassar. Antara lain Amerika Serikat, Republik Ceko, Prancis dan Korea Selatan.

Sejak Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2018, Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, memang menawarkan 10 investasi terbaik yang telah dirancang, kepada peserta negara-negara F8, dengan nilai per proyeknya di atas Rp1 triliun.

"Sengaja saya tidak bagi file kemarin pas pemaparan. Supaya kalau mereka mau, mereka minta langsung filenya. Supaya file yang kita bagi, tidak cuma jadi 'pembungkus kacang' di negara mereka. Dan Alhamdulillah, ada 15 negara yang sudah minta filenya, untuk mereka bawa ke negaranya dan diperlihatkan kepada bussinesman-nya mereka," tutur Danny.

Salah satu bentuk keseriusannya negara-negara tersebut, kata Danny, telah ada jadwal yang dibuat untuk oleh delegasi negara yang menawarkan investasi, untuk mendatangkan pengusahanya ke Makassar.

Seperti Republik Ceko, lanjut Danny, akan mendatangkan pengusahanya untuk pembicaraan lebih lanjut, pada akhir tahun 2018.

"Terus Prancis, Januari mereka akan datangkan bisnismannya. Amerika juga katanya tahun depan," papar Danny.

Hanya saja, Danny pun belum mendapatkan kepastian, apa jenis proyek yang akan dijadikan sebagai investasi negara-negara yang menawarkan. 

"Kita sih berharapnya paling tidak 3, itu New Balai Kota, Balang Tonjong dan The Master," ucap Danny.

New Balai Kota masuk dalam rancangan proyek Makassar Sombere' & Smart City Hall yang ditawarkan seharga Rp1,2 triliun. Kalau Balang Tonjong Lakeside Resort dalam rancangannya meliputi super block, recreation & water conversation dengan nilai tawar Rp9,6 triliun.

Sementara The Master, yang dalam rancangannya menghadirkan Terminal, Hotel, Mall, Stadium, Expo & Recreation ditaksir dengan nilai Rp4,3 triliun.