Sabtu, 13 Oktober 2018 14:17 WITA

Australia Akan Melarang Sekolah Agama Mengusir Siswa Gay

Editor: Suriawati
Australia Akan Melarang Sekolah Agama Mengusir Siswa Gay
PM Australia Scott Morrison (AAP)

RAKYATKU.COM - Australia berencana melarang sekolah swasta atau sekolah agama mengeluarkan siswa karena alasan seksualitas mereka.

"Saya akan mengambil tindakan untuk memastikan amandemen diperkenalkan sesegera mungkin untuk menjelaskan bahwa tidak ada siswa dari sekolah non-negara harus diusir berdasarkan seksualitas mereka," kata Perdana Menteri Scott Morrison pada hari Sabtu (13/10/2018).

Dalam pernyataanya, Morrison mengungkapkan bahwa jaksa agung Christian Porter akan menyusun amandemen untuk undang-undang baru itu dalam beberapa minggu.

Dia juga mengatakan bahwa parlemen akan menangani masalah itu selama dua minggu ke depan. Dia menjanjikan bahwa undang-undang baru itu "akan memberi semua siswa dan orang tua kepastian yang mereka butuhkan".

"Pemerintah kami tidak mendukung pengusiran siswa dari sekolah non-negara agama atas dasar seksualitas mereka," kata Morrison.

“Saya juga tahu bahwa pandangan ini secara luas dimiliki oleh sekolah-sekolah agama dan komunitas di seluruh negeri.”

Namun masih belum jelas apakah undang-undang federal yang baru akan mengesampingkan undang-undang di sebagian besar negara bagian yang mengizinkan sekolah-sekolah agama untuk melakukan diskriminasi, termasuk New South Wales dan Victoria.

Pada bulan Mei, jajak pendapat YouGov Galaxy, yang dilakukan untuk Just Equal, menemukan bahwa 82% responden menentang undang-undang diskriminasi yang memungkinkan pengusiran siswa gay dan lesbian dan 79% menentang kemampuan sekolah untuk memecat guru jika mereka menikahi orang yang berjenis kelamin sama.

Sumber: Reuters / The Guardian