Jumat, 12 Oktober 2018 23:01 WITA

Pengungsi Sulteng ke Sidrap 8.624 orang

Editor: Nur Hidayat Said
Pengungsi Sulteng ke Sidrap 8.624 orang
Kepala BPBD Sidrap, Siara Barang.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kembali meng-update data pengungsi korban gempa bumi dan tsunami dari Sulawesi Tengah (Sulteng) yang masuk ke daerah ini.

Berdasarkan catatan petugas di Posko Kabupaten, jumlah pengungsi asal Palu, Sigi, dan Donggala yang ada di Sidrap saat ini sudah mencapai 8.624 orang. 

"Kami masih melakukan pendataan terhadap para pengungsi yang ada di desa dan kelurahan," ujar Siara Barang, Kepala BPBD Sidrap, Jumat (12/10/2018).

Disebutkannya, para eksodus asal Kota Kaili ini, tersebar di sejumlah kecamatan di Bumi Nene Mallomo.

"Mereka untuk sementara tinggal menumpang di rumah-rumah warga yang merupakan familinya, karena ribuan pengungsi korban bencana alam ini adalah warga Sidrap yang sudah lama menetap dan menjadi penduduk di berbagai daerah di Sulteng," ucap Siara.

Menurutnya, hingga kita petugas BPBD Sidrap bekerja sama dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) terus melakukan pendataan untuk mengetahui secara pasti jumlah dan lokasi keberadaan pengungsi yang ada.

"Akurasi data jumlah pengungsi ini dibutuhkan untuk penyaluran bantuan secara tepat sasaran agar pendistribusiannya tidak tumpang tindih, karena mereka tersebar di 11 kecamatan dan di puluhan desa/kelurahan," terang Siara Barang.