Jumat, 12 Oktober 2018 20:22 WITA

Wakil Bupati Sinjai: Literasi Jurnalistik adalah Upaya Menangkal Hoaks

Penulis: Rahmatullah
Editor: Nur Hidayat Said
Wakil Bupati Sinjai: Literasi Jurnalistik adalah Upaya Menangkal Hoaks

RAKYATKU.COM, SINJAI - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan Kemah Literasi Jurnalistik di tribune utama Lapangan Sinjai Bersatu Kecamatan Sinjai Utara, Jumat (12/10/2018).

Kegiatan bertema "Perwujudan Generasi Millenial Melek Media" ini, berlangsung Kamis hingga Sabtu, 11-13 Oktober 2018.

Ketua DPD KNPI Sinjai, Satria Ramli, menyampaikan generasi pemuda harus diberikan pemahaman tentang dunia informatika agar bisa membedakan mana berita sesuai dengan fakta dan mana hoaks.

"Di era milenial ini, pemuda harus berperan untuk menangkal berita-berita hoaks agar informasi yang diterima masyarakat bisa sesuai dengan fakta dan tentunya berharap para peserta ini bisa menjadi pelopor dalam mengedukasi berita," ungkap Satria.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, yang didaulat sebagai pembuka acara berujar, kegiatan ini merupakan terobosan baru dan merupakan literasi progresif yang kukuh dalam penguatan informasi bagi masyarakat.

"Dalam perkembangan zaman ini pemuda harus membuat terobosan baru yang maju melek teknologi, melek literasi dan kritis tanggap mengelola informasi terhadap publik," ujar Andi Kartini.

Dengan begitu, lanjut Andi Kartini, peran generasi muda dalam menangkal hoaks serta ujaran kebencian akan mudah diwujudkan.

Pada kegiatan ini, peserta dilatih untuk membuat berita sesuai kegiatan kemah jurnalistik.