Jumat, 12 Oktober 2018 20:17 WITA

Potret Korban Hilang Gempa dan Tsunami Sulteng Bisa Dilihat di Asrama Haji Sudiang

Penulis: Himawan
Editor: Nur Hidayat Said
Potret Korban Hilang Gempa dan Tsunami Sulteng Bisa Dilihat di Asrama Haji Sudiang
Potret korban hilang gempa Sulteng di Asrama Haji Sudiang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Beberapa korban gempa dan tsunami yang melanda beberapa daerah di Sulawesi Tengah hingga kini masih belum ditemukan. Beberapa keluarga pasrah, namun beberapa lainnya masih berjuang untuk menemukannya.

Pemandangan pilu ini bisa dilihat di Asrama Haji Sudiang Makassar yang menjadi tempat penampungan pengungsi. Salah satu papan informasi di asrama itu, tidak jauh dari posko pelaporan, memperlihatkan foto puluhan korban gempa yang hilang. Mayoritas korban itu anak-anak. 

"Kalau ini sudah meninggal dunia. Sudah dimakamkam di pekuburan massal. Ada keluarga yang sudah hubungi," kata salah seorang kerabat menunjuk foto Bita (13), korban yang dinyatakan hilang di papan informasi itu.

Sementara itu, saat Rakyatku.com tiba di Asrama Haji Sudiang, seorang lelaki yang mengenakan pakaian biru sedang menempelkan foto dua orang anak yang hingga kini belum ditemukan. Dua anak itu bernama Nayra (5) dan Arna (3).

"Kalau anak ini bapaknya selamat tapi ibunya sudah meninggal (saat gempa). Siapa tau ada pengungsi yang pernah lihat ini anak, bisa hubungi nomor yang tertera," ujar lelaki itu. 

Situasi di Sulteng pasca gempa dan tsunami memang belum sepenuhnya pulih. Ada 2.073 orang yang dinyatakan meninggal dunia oleh BNPB hingga Kamis (11/10/2018)

Selain iyu, ada 2.549 orang luka berat dan 8.130 luka ringan. Diperkirakan ada juga ribuan korban yang masih belum ditemukan.