Jumat, 12 Oktober 2018 19:31 WITA

Periksakan Hewan Kesayangan Anda di F8 Makassar, Gratis

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Mulyadi Abdillah
Periksakan Hewan Kesayangan Anda di F8 Makassar, Gratis
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Perikanan dan Pertanian menyediakan Pelayanan Kesehatan Hewan Keliling (Animal Care) di area Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2018.

Animal Care tersebut ditunjukan buat para pemelihara hewan-hewan kesayangannya secara gratis. Pelayanan yang disediakan, yakni vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan hingga pemberian obat-obatan. 

"Tapi kami tidak lakukan operasi. Kita cuma pelayanan yang ringan-ringan saja atau semua seputar poliklinik hewan," kata Rudi Tirto, Kepala Pelayanan Kesehatan Hewan DP2, yang ditemui di saat bertugas, pada Jumat (12/10/2018).

Hingga saat ini, kata Rudi, telah ada 7 pemelihara hewan yang melakukan konsultasi kesehatan ke Animal Care. Jenis binatang yang dibawa antara lain kucing, anjing dan ayam.

"Pelayanan kesehatan itu beragam. Kalau yang bawa hewan peliharaan anjingnya itu kami cuma kami periksa. Tapi setelah kita cek, ternyata baik-baik saja. Ada juga yang bawa kucing untuk di vaksinisasi, jadi kita suntik vaksin rabies. Ada juga yang bawa ayam peliharaannya. Kalau ayam itu, kami beri obat," beber Rudi.

Dalam pelayanannya, memang disediakan para ahli. Seperti dokter hewan dan para-medis. "Mereka-mereka ini nantinya yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan, sekaligus memberikan penanganan," katanya.

"Kalau misalnya ada hewan yang cacingan, kita kasih obat cacingan. Kalau ada yang sakit mata, kita juga beri obat mata. Semuanya lah," jelas Rudi.

Ditegaskan, seluruh bentuk konsultasi pasien dilakukan secara gratis atau tidak dipungut biaya apapun.

Animal Care di F8 ini akan dilakukan hingga hari terakhir, pada Minggu (14/10/2018). Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan yang ingin diperiksa, bisa membawanya mulai pukul 11.00-22.00 WITA.