Jumat, 12 Oktober 2018 19:06 WITA

Tes Psikologi dan Tes Kesehatan Gugurkan 10 Calon Anggota KPU 7 Daerah di Sulsel

Penulis: Rizal
Editor: Abu Asyraf
Tes Psikologi dan Tes Kesehatan Gugurkan 10 Calon Anggota KPU 7 Daerah di Sulsel
Ketua Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fakultas Psikologi UNM, Dian Novita Siswanti

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Sebanyak 210 calon anggota KPU dari tujuh daerah di Sulawesi Selatan sedang mengikuti tahapan tes psikologi. Tahapan tersebut berlangsung di Hotel Grand Asia, Jalan Boulevard Makassar sejak Kamis (11/10/2018) hingga Sabtu (13/10/2018).

Ketua Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fakultas Psikologi UNM, Dian Novita Siswanti menjelaskan bahwa ada beberapa poin penting yang menjadi penilaian dalam tahapan ini.

"Soal aspek penilaian, kami hanya menyesuaikan dengan apa yang menjadi permintaan dari KPU. Misalnya saja, kemampuan berkomunikasi, integritas, netralitas, hal-hal seperti itu yang mau dilihat. Jadi kita sesuaikan dengan itu. Ini kan menggunakan tiga metode sesuai dengan juknisnya KPU, ada tes tertulis, wawancara dan ada diskusi kelompok. Dari situ baru kita ramu hasilnya sesuai dengan aspek-aspek yang diminta oleh KPU," tuturnya saat ditemui di sela-sela pelaksanaan tes psikologi tersebut, Jumat (12/10/2018).

Hasil tes psikologi ini sendiri akan diumumkan tim seleksi (Timsel) pada 17-19 Oktober. Selanjutnya, para calon yang lolos tes psikologi berhak mengikuti tes kesehatan pada 22-26 Oktober.

Anggota tim seleksi (Timsel) 2, Basti Tetteng mengungkapkan bahwa tes psikologi dan tes kesehatan nantinya akan menggugurkan maksimal 10 orang calon dari 30 orang saat ini di setiap kabupaten/kota.

"Nantinya, yang akan lolos dari tahapan seleksi psikologi dan kesehatan ini, adalah empat kali kebutuhan dari tiap kabupaten/kota. Karena masing-masing KPU akan diisi lima komisioner maka kebutuhannya adalah 20 orang tiap KPU kabupaten/kota. Intinya, kedua tes itu hanya akan meloloskan 20 orang dari tiap KPU kabupaten/kota. 20 orang (di tiap KPU kabupaten/kota) itulah yang akan mengikuti tes wawancara," ungkapnya.

Seperti diketahui, di Sulsel terdapat tujuh daerah yang sedang melaksanakan seleksi calon anggota KPU. Daerah di maksud yakni Kota Makassar, Parepare, Kabupaten Enrekang, Wajo, Luwu, Pinrang, dan Sidrap.