Jumat, 12 Oktober 2018 16:57 WITA

Tarif Parkir di Area F8 Sampai Rp 20 Ribu, PD Parkir Bilang Begini

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tarif Parkir di Area F8 Sampai Rp 20 Ribu, PD Parkir Bilang Begini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- PD Parkir telah mengamankan 5 orang juru parkir (jukir) liar, di sekitaran area Makassar International Festival and Forum (F8) 2018. 

Para juru parkir tersebut, dianggap telah melakukan pungutan liar kepada para pengunjung yang hendak ke Anjungan Pantai Losari, pusat berlangsungnya F8.

Direktur Operasional PD Parkir Makassar Raya, Syahril Sappaile mengatakan, selama dua hari pelaksaan F8, sejak Rabu (10/10/2018) lalu, ada sejumlah laporan. Termasuk soal tarif parkir yang bisa mencapai Rp20.000 untuk kendaraan roda dua.

"Jadi kita sudah lakukan langkah persuasif dulu, kepada oknum yang jukir liar. Persuasif itu antara jukir per jukir," kata Syharil, dalam sesi jumpa pers di Media Center F8, pada Jumat (12/10/2018).

Katanya, jukir liar tersebut diberi terguran lisan, untuk dipahamkan tetang keberadaan jukir resmi yang ada. "Jadi kita tanya, kenapa lakukan begini? Kita juga tanyakan identitasnya. Kalau cuma pinjam identitas, itu tidak boleh," tegas Syahril.

Ia pun menegaskan, jukir resmi yang bertebaran di F8 ialah yang menggunakan identitas, seperti pakaian khsusus yang telah disediakan atau ID Card. "Kalau tidak ada salah satunya, berarti itu ilegal atau jukir liar," tegas Syahri.

Diimbau juga kepada para pengunjung yang masih mendapai perlakuan tarif parkir yang tidak sesuai, untuk melaporkan ke Posko PD Parkir yang terletak di Jalan Penghibur, atau depan Anjungan Pantai Losari.

"Kalau bisa foto juga itu jukir liar, supaya lebih gampang untuk kita tindaki, siapa orangnya," paparnya.

Menurutnya, sesuai regulasi, tarif parkir resmi di F8 yakni Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. "Dan ingat, minta juga karcisnya. Kalau tidak ada karcisnya, jangan bayar," pinta Syahril.

Syahrul menerangkan, sebetulnya pihaknya telah mengerahkan anggota PD Parkir sebanyak 40 orang. Tiga hingga empat orang yang menjaga dan mendampingi titik-titik parkir yang memang telah disediakan.

"Kita juga punya 5 orang yang memang mobile untuk memantau perparkiran," katanya.

Namun, Syahril akan mengambil langkah tegas, jika memang jukir liar masih "mengkhawatirkan" pengunjung.

"Kita sudah bekerja sama dengan Dirlantas Polrestabes. Kita akan polisikan itu jukir liar kalau memang masih ada, sementara kita sudah beri teguran dan peringatan," pungkas Syharil.