Jumat, 12 Oktober 2018 16:31 WITA

Wanita 15 Tahun Gantikan Luhut Jadi Menko Maritim, Ada Apa?

Editor: Abu Asyraf
Wanita 15 Tahun Gantikan Luhut Jadi Menko Maritim, Ada Apa?
Maria Lengari

RAKYATKU.COM - Diam-diam, kursi Menteri Koordinator Kemaritiman ditempati orang lain. Bukan lagi Luhut Binsar Pandjaitan. Penggantinya wanita yang baru berusia 15 tahun. Siapa dia?

Berambut ikal, wanita asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu memegang kendali Kementerian Koordinator Kemaritiman beberapa jam, Kamis (11/10/2018). Dia Maria Lengari.

Mengenakan blazer pink, siswi SMP Swasembada, Hadakewa, Lembata, NTT tampak percaya diri duduk di kursi yang sering digunakan Luhut. Dia tampak serius memimpin rapat antarkementerian yang berada di bawah koordinasi Kemenko Kemaritiman. 

Maria yang akrab disapa Osin merupakan pemenang kompetisi kepemimpinan oleh Yayasan Plan International Indonesia (YPII). Kompetisi ini digelar untuk memperingati Hari Anak Perempuan Sedunia yang diperingati setiap 11 Oktober. Osin diberikan pengalaman untuk menjadi seorang pemimpin di suatu kementerian dalam sehari.

Tak hanya duduk di kursi dan meja tempat Luhut bekerja, Osin bahkan mengawali harinya bak seorang menteri. Kamis pagi, Osin memulai aktivitas di kediaman Menko Maritim di kawasan Widya Chandra. Ia lalu bergerak ke kantor Kemenko Bidang Kemaritiman menggunakan mobil dinas Luhut. 

"Saya sangat senang dan bangga hari ini bisa bisa belajar dan mendapatkan pengalaman baru sebagai Menko Maritim," kata Osin seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (12/10/2018).