Jumat, 12 Oktober 2018 14:03 WITA

16 Kepala Daerah Dapat Anugerah Kihajar, Hanya Dua dari Sulawesi

Editor: Abu Asyraf
16 Kepala Daerah Dapat Anugerah Kihajar, Hanya Dua dari Sulawesi

RAKYATKU.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan penghargaan Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar), Jumat (12/10/2018). 

Dari 16 kepala daerah penerima, hanya dua dari Sulawesi. Keduanya yakni Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wali Kota Gorontalo Marten A Taha.

Anugerah ini diberikan kepada para kepala daerah yang dinilai peduli dengan dunia pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kapustekkom Kemendikbud, Gogot Suharwoto menjelaskan, penghargaan diberikan untuk gubernur, wali kota, dan bupati. Mereka dianggap berprestasi dalam pendayagunaan TIK untuk pendidikan, baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan administrasi di sekolah.

Para peraih penghargaan tersebut terdiri atas lima gubernur, tujuh wali kota, dan empat bupati. Gogot menjelaskan penilaian kepada kepala daerah ini melalui proses penilaian juri. Proses penilaian itu mulai dari Juni hingga Agustus 2018.

Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi seperti yang diterapkan di Kabupaten Pakpak Bharat. Bupati Remigo Yolando Berutu mengaku menerapkan e-absensi. Dalam aplikasi tersebut para orang tua dapat melihat kehadiran anak-anaknya.

"Dengan e-absensi ini orang tua tidak perlu khawatir karena bisa melihat kegiatan anaknya," jelas Remigo.

Di Malang lain lagi. Di sana, ada program pendidikan karakter dini dan pendidikan antikorupsi dengan memanfaatkan CCTV. Jika anak menemukan uang di jalan, diminta tidak mengambilnya. 

Lalu, pada saat masuk toilet, ada petunjuk agar kaki kiri duluan. "Jadi anak-anak pendidikan kelas 1 hingga 2 sekolah dasar tidak hanya diajarkan baca tulis dan hitung," tutur Wali Kota Malang Sutiaji.

Penyerahan Kihajar penghargaan dijadwalkan berlangsung malam ini dan akan diserahkan Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi. Berikut nama-nama 16 kepala daerah yang mendapat Anugerah Kihajar 2018:

1. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
2. Gubernur Jawa Timur Soekarwo
3. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey
4. Gubernur Bali I Made Mangku Pastika
5. Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor
6. Wali Kota Bandung Oded Muhamad Danial
7. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini
8. Wali Kota Balikpapan M. Rizal Effendi
9. Wali Kota Malang Sutiaji
10. Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha
11. Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie
12. Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias
13. Bupati Gunung Kidul Badingah
14. Bupati Sleman Sri Purnomo
15. Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu
16. Bupati Bintan Apri Sujadi. 

Berita Terkait