Jumat, 12 Oktober 2018 09:37 WITA

Cara Polwan-polwan Cantik Hilangkan Trauma Anak Korban Gempa Sigi

Penulis: M. Qadri
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Polwan-polwan Cantik Hilangkan Trauma Anak Korban Gempa Sigi

RAKYATKU.COM, SIGI - Polwan Indonesia melalui Satuan Brimob melakukan trauma healing pada korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah pada Jumat (12/10/2018). Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan rasa stres dan trauma bagi anak.

Salah satu kelompok yang paling rentan terhadap bencana alam adalah anak–anak, karena secara fisik dan mental masih dalam masa pertumbuhan serta masih tergantung dengan orang dewasa.

Bertempat di Desa Langaleso, Kecamatan Biromaru, korban gempa dari Desa Jono Oge, Kecamatan Dolo disatukan dalam satu ruangan oleh Polwan Indonesia dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Dansat Brimob Sulawesi Tengara, Kombes R. Kasero Manggolo mengatakan, nanyian kebangsaan Indonesia, merupakan salah satu strategi untuk dapat membangkitkan lagi keceriaan anak ataupun korban bencana alam di Sulawesi Tengah.

“Pada petemuan kali pertama anak itu, dihadiri oleh anak sekitar 25 orang, dan juga terlihat keceriaan anak saat di ajak bermain dan belajar,” kata Kasero.

Disamping dilakukan trauma healing, aparat gabungan Tni/Polri juga melakukan pembersihan sekolah untuk bisa digunakan kembali sebagai tempat belajar, yang mana lumpur pasca terjadinya liquifaksi menyebabkan dua sekolah di desa langaleso tertanam hingga dua meter.