Kamis, 11 Oktober 2018 20:11 WITA

Feby Elawati, Kurir Narkoba yang Dihukum 10 Tahun Penjara

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Feby Elawati, Kurir Narkoba yang Dihukum 10 Tahun Penjara
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Feby Elawati keluar dari ruangan persidangan Pengadilan Negeri Makassar. Ia menggendong anaknya. Di belakangnya, seorang wanita berjilbab mengikutinya sambil berderai air mata. Feby baru saja dihukum 10 tahun penjara oleh Majelis Hakim. 

Feby Elawati alias Febi merupakan salah satu pengedar narkoba golongan I di Makassar yang ditangkap pada bulan Desember 2017 lalu. Ia memiliki rekan bernama Suharjono yang juga divonis 10 tahun penjara. 

Febi dan Suharjono juga masih memiliki keterlibatan dengan lima terdakwa narkoba yang dijatuhi hukum 12 tahun penjara oleh majelis hakim yang sama. Kelima terdakwa itu ialah Jasmin, Nasrul, Muh. Anas alias Sofyan, Rusdi alias Jos, dan Jufri alias John. 

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa selama 10 tahun penjara. Dengan pertimbangan Feby Elawati yang masih memiliki anak kecil dan butuh perhatian orang tua," kata ketua majelis hakim, Aris Gunawan saat membacakan putusan. 

Jaksa penuntut umum, Andi Hariani Gali menyebut bahwa hukuman itu lebih ringan dari tuntutan yang diberikannya sebesar 13 tahun hukuman penjara. Kedua terdakwa ini juga dikenakan pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. 

"Dari terdakwa ini, disita masing-masing 300 gram narkoba golongan I dari Suharjono, sedangkan dari Febi sebanyak 100 gram. Keduanya merupakan kurir yang dihubungi oleh seseorang untuk ambil barang itu,"ungkap Riana. 

Selain Febi dan Suharjono, dua terdakwa lainnya yang juga merupakan sindikat dari Jasmin, Muhtar dan Anggreyani (istri Muh. Anas) divonis hukuman 1 tahun penjara oleh majelis hakim yang sama. 

Keduanya dikenakan pasal 131 UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Hukuman ini lebih ringan karena kedua terdakwa ini tugasnya tidak terlalu berat. 

"Keduanya hanya menelepon dan memastikan apakah barangnya sudah sampai atau belum," lanjut jaksa. 

Usai persidangan ini, Febi bersama dengan kedelapan terdakwa kasus peredaran narkoba langsung dimasukkan ke ruang tahanan pengadilan. Beberapa lainnya sempat berpelukan dengan sanak keluarga. 

Seperti yang dilakukan Febi yang harus rela terpisah dengan anaknya yang masih balita lantaran kejahatan yang telah dilakukannya.

Tags