Kamis, 11 Oktober 2018 19:25 WITA

Lima Pengedar Narkoba Divonis 12 Tahun Hukuman Penjara

Penulis: Himawan
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lima Pengedar Narkoba Divonis 12 Tahun Hukuman Penjara

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lima terdakwa kasus peredaran narkoba divonis hukuman 12 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Makassar, Kamis (11/10/2018).

Kelima terdakwa itu ialah M. Jasmin alias Jase, Rusdi alias Jos, Jufri alias John, Nasrul, dan Muhammad Anas alias Sofyan. Kelima terdakwa ini merupakan kurir narkoba kurang lebih 1 kilogram. 

"Menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara kepada terdakwa dan membebankan biaya perkara kepada terdakwa," kata ketua majelis hakim, Aris Gunawan saat membacakan putusan. 

Jaksa Penuntut Umum, Andi Hariani Gali menyebutkan, hukuman 12 tahun para terdakwa itu lebih ringan dari tuntutan yang diberikan sebelumnya sebesar 15 tahun hukuman penjara. 

"Kelima terdakwa ini dikenakan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika," beber Hariani. 

Hariani mengatakan, kelima terdakwa ini merupakan sindikat jaringan narkoba internasional. Ia menyebut bahwa narkoba berupa sabu-sabu milik terdakwa Jasmin didapat dari seorang berinisial T yang berada di Medan. 

Kelima terdakwa ini ditangkap pada bulan Desember 2017 lalu. Dimana Sofyan, Jos, dan John ditangkap terlwbih dahulu di wilayah Jakarta Timur pada tanggal 24 Desember. Sementara Nasrul dan Jasmin ditangkap di Bandara Sultan Hasanuddin sekitar tanggal 27 Desember. 

Selain kelima terdakwa tersebut, masih ada empat terdakwa lainnya yang merupakan komplotan kelima terdakwa divonis berbeda majelis hakim PN Makassar. 

Tags