Kamis, 11 Oktober 2018 19:15 WITA

Jelang Pileg dan Pilpres, KPU Gowa Sosialisasi Contoh Surat Suara

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Jelang Pileg dan Pilpres, KPU Gowa Sosialisasi Contoh Surat Suara

RAKYATKU.COM, GOWA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gowa menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih jelang Pileg dan Pilpres di Desa Katangka, Kecamatan Bontonompo, Kamis (11/10/2018).

Dalam sosialisasi dan pendidikan ini, hadir Komisioner KPU Gowa, Nuzul Fitri selaku pembicara. Dan juga turut dihadiri PPK dan PPS se-Kecamatan Bontonompo. Nuzul memaparkan terkait penggunaan hak pilih dan mekanisme memilih menggunakan beberapa alat peraga.

Tak hanya itu, dirinya juga memperkenalkan lima lembar contoh surat suara. Mulai dari DPRD kota, DPRD provinsi, DPR pusat, DPD hingga Pilpres yang akan digunakan nanti tanggal 27 Juni 2018 mendatang. 

"Sosialisasi dan pendidikan pemilih ini kami lakukan mengingatkan waktu pelaksanaan pemilihan pileg tersebut terbilang tidak begitu lama lagi, yakni pada tanggal 17 April 2019 mendatang," ujar Nuzul Fitri. 

Selain itu, Nuzul juga mengimbau kepada masyarakat khususnya kepada pemilih tetap tentang penolakan politik uang atau pemberian apa saja yang tidak boleh diterima, baik jenis maupun jumlahnya karena kedua-duanya bisa dikenakan pidana.

Sementara itu, Ketua PPK Bontonompo, Suwahyu berharap dengan adanya sosialisasi dari KPU Gowa bisa meningkatkan partisipasi pemilih 2019 mendatang. 

"Disitu kita bisa melihat keberhasilan demokrasi dan bisa dijadikan contoh. Makanya kita sebagai penyelenggara harus terus memberi contoh dan mensosialisasikan, agar masyarakat bisa paham," pungkas Suwahyu.