Kamis, 11 Oktober 2018 13:44 WITA

63 Kelompok Teror Telah Berbaiat ke ISIS, Sulawesi Target Awal

Editor: Mays
63 Kelompok Teror Telah Berbaiat ke ISIS, Sulawesi Target Awal
Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Bhagdadi

RAKYATKU.COM, SYDNEY - Ketakutan tumbuhnya sebuah Negara Islam yang baru, muncul di Indonesia. Itu setelah 63 kelompok teror di negara itu, berjanji setia kepada pemimpin ISIS.

Itu diungkap Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu, saat berbicara dalam sebuah forum di Singapura.

Ryamizard memperingatkan, nyawa bisa hilang jika tidak diantisipasi cepat.

Ryacudu menyerukan pembagian intelijen, untuk ditingkatkan guna melindungi kehidupan warga sipil. Demikian dilansir dari The Australian. 

Ryamizard dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan Australia, Christopher Pyne di Jakarta, pada Kamis hari ini.

Dia mendesak Australia, untuk mendukung inisiatif kontra-intelijen Lima Mata Asia, yang disebut Mata Kita.

Ryamizard berbicara kepada publik di Singapura minggu lalu, dan menyatakan Mata Kita memiliki potensi untuk tumbuh dan melampaui inisiatif intelijen Lima Mata Asia.

Dia mengklaim, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru dan Jepang telah setuju untuk bergabung, sebagai mitra regional, meskipun belum dipastikan apakah ada kesepakatan resmi.

Pyne mengatakan, dia berharap kunjungannya ke Indonesia akan memperluas kerjasama kontra-terorisme, antara Jakarta dan Canberra.

loading...

"Lingkungan strategis juga menghadirkan peluang baru bagi kedua negara, untuk bekerja sama lebih banyak," katanya. 

"Militer tidak dapat mengalahkan terorisme, tetapi mereka dapat mengalahkan teroris. Pasukan militer Australia dan Indonesia telah memberikan dukungan kepada lembaga penegak hukum di dalam negeri, dan keduanya telah berkontribusi terhadap upaya kontra-terorisme di luar perbatasan mereka," jelas Pyne.     

Dalam pidatonya, Ryamizard mengatakan, berbagi intelijen antara Amerika Serikat dan Asia Tenggara menyebabkan terhentinya plot teror. 

Operasi kontra-teror AS, menggagalkan rencana untuk menerbangkan drone yang berisi bahan peledak ke markas polisi di Kuala Lumpur, melakukan serangan bunuh diri di Istana Negara di Jakarta, dan menembakkan roket ke Marina Bay Sands di Singapura.

Ryamizard juga mengatakan, 63 kelompok di Asia Tenggara berjanji setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. 

Negara-negara di Asia Tenggara menanggapi tahun lalu, setelah ISIS mengilhami kelompok-kelompok teror menyerang kota Marawai di Filipina, menyebabkan lebih dari 1.000 orang yang tidak bersalah tewas.

Ketika dia berbicara pada Simposium Kontra-Terorisme Asia Tenggara pekan lalu, Ryamizard mengatakan Sulawesi di Indonesia adalah target awal.

Loading...
Loading...