Kamis, 11 Oktober 2018 12:54 WITA

Pakar: Tsunami 60 Meter dengan Daya Jangkau 50 KM Ancam Australia

Editor: Aswad Syam
Pakar: Tsunami 60 Meter dengan Daya Jangkau 50 KM Ancam Australia
Ilustrasi tsunami

RAKYATKU.COM, SYDNEY - "Ini hanya masalah waktu." Itu peringatan para ahli, soal tsunami dahsyat yang akan segera melanda Australia.

Mereka mengatakan, kota-kota pesisir negara itu, sejauh ini beruntung tidak diserang serangkaian gelombang destruktif, yang dipicu dampak meteor atau aktivitas seismik.

Tsunami masa lalu, telah menabrak tebing setinggi 60 meter, dan mengirim air laut sejauh daratan seperti Blue Mountains, 50 km barat Sydney.

Dale Dominey-Howes, Wakil Direktur Pusat Penelitian Tsunami Australia di Universitas New South Wales mengatakan, tsunami merupakan ancaman nyata bagi kota-kota di Australia.

"Jika itu terjadi tanpa peringatan pada Sabtu sore di musim panas, dampaknya akan menjadi bencana besar," katanya kepada  Australian Geographic. 

"Saya kira hanya masalah waktu, sebelum kita dipengaruhi oleh sesuatu yang merusak,"  tambahnya.

Peristiwa bencana seperti itu, bisa tidak terdeteksi sampai menit terakhir. 

Tsunami sering dipicu gempa bumi dan tanah longsor. Namun, mereka juga dapat dipicu serangan meteorit, yang lebih sulit dideteksi sebelumnya. 

Pakar Tsunami Dr Ted Bryant, sebelumnya dari Universitas Wollongong, percaya, sistem deteksi tidak akan selalu menangkap komet atau meteor yang masuk, yang dapat memicu gelombang mengerikan. 

Dr Bryant telah menemukan bukti, bahwa tsunami monumental telah mendatangkan malapetaka di sepanjang pantai timur Australia, sepanjang sejarah.

Dia percaya, tsunami menghantam delta Shoalhaven dekat Nowra di pantai selatan, antara 4.000 dan 5.000 tahun lalu.

Bukti juga telah menemukan, gelombang pasang dari tsunami mencapai Blue Mountains, yang terletak 60 km ke daratan. 

Garis pantai Australia dimonitor 24 jam sehari, untuk menghadapi tsunami, yang hanya dicatat setiap dua tahun sekali di Australia.

Meskipun jarang, mereka menimbulkan ancaman bagi perenang karena mereka dapat membawa gelombang abnormal, arus dan arus berbahaya.

Layanan peringatan tsunami yang komprehensif dan independen, yang dihasilkan dari Proyek Sistem Peringatan Tsunami Australia (ATWS), dirancang untuk memberi saran kepada media, otoritas umum dan darurat dari setiap ancaman tsunami ke Australia dan wilayah lepas pantai.  

Gempa bawah laut telah terdeteksi, namun belum menghasilkan tsunami, atau tsunami tidak menimbulkan ancaman bagi Australia dan wilayah lepas pantai.

Peringatan akan patahan, ombak, dan arus lautan kuat yang berpotensi berbahaya di lingkungan laut, dan kemungkinan hanya beberapa luapan lokal ke tepi pantai langsung.

Peringatan untuk daerah pesisir dataran rendah dari genangan utama, banjir, robekan berbahaya, gelombang dan arus laut yang kuat.

Sebuah video yang dibagikan tentang sistem deteksi tsunami Australia, oleh Biro Meteorologi (BOM), menunjukkan, garis pertahanan terakhir negara-negara untuk memperingatkan ancaman yang masuk.

Sebuah pelampung permukaan dikerahkan ke dalam air dan berlabuh ke dasar lautan.

Ini diikuti dengan tsunameter - alat yang mendeteksi tsunami - jatuh di lokasi yang sama.

Ketika gempa bumi terjadi, seismolog di Pusat Peringatan Tsunami Australia Bersama (JATWC), menentukan apakah ada potensi gempa bawah laut untuk menyebabkan ancaman tsunami ke Australia. 

Jika ada ancaman, Biro akan mengeluarkan alarm tsunami nasional. 

Tsunameter mendeteksi perubahan tekanan dan informasi dikirimkan melalui pelampung, ke satelit iridium dan ke JATWC.

JATWC terus memonitor permukaan laut untuk memverifikasi, menilai ulang dan memperbarui informasi tentang ancaman. 

Jika pengamatan data mengkonfirmasi ancaman tsunami, Biro, atas nama JATWC, akan mengeluarkan peringatan bagi negara-negara dan teritori, yang terkena dampak di bawah infrastruktur komunikasi cuaca yang buruk.

Ketika ancaman telah berlalu, masalah pembatalan akan dikirim dan otoritas darurat yang relevan akan menginformasikan kepada publik ketika aman, untuk kembali ke daerah tersebut.