Kamis, 11 Oktober 2018 12:34 WITA

Rizal Ramli ke Jokowi: Pembatalan Kenaikan Harga BBM Langkah Tepat

Editor: Mulyadi Abdillah
Rizal Ramli ke Jokowi: Pembatalan Kenaikan Harga BBM Langkah Tepat
Rizal Ramli dan Jokowi

RAKYATKU.COM - Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli menanggapi langkah Presiden Jokowi yang menunda kenaikan harga BBM Premium. Menurutnya, keputusan penundaan itu sudah langkah yang tepat. 

"Mas Jokowi langkah pembatalan kenaikan harga BBM adalah langkah yang tepat karena daya beli rakyat golongan menengah bawah merosot. Ada banyak cara lain untuk mengatasi masalah," kicau Rizal melalui akun twitter pribadinya @RamliRizal, Kamis (11/10/2018). 

Rencananya, pemerintah akan memberlakukan tarif baru BBM jenis Premium menjadi Rp 7.000 per liter pada Rabu kemarin pukul 18.00 WIB. Namun, keputusan itu ditunda.

"Sesuai arahan bapak Presiden rencana kenaikan harga Premium di Jamali menjadi Rp 7.000 dan di luar Jamali menjadi Rp 6.900, secepatnya pukul 18.00 hari ini, agar ditunda dan dibahas ulang sambil menunggu kesiapan PT Pertamina," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan, Rabu (10/10/2018).

Alasan penundaan kenaikan harga Preium salah satunya karena menunggu kesiapan Pertamina. Pertamina pada hari yang sama kemarin, juga telah menaikkan harga Pertamax Cs. Harga Pertamax di salah satunya naik Rp 900 menjadi Rp 10.400.