Kamis, 11 Oktober 2018 11:17 WITA

Yuk, Ikut Layanan Gigi Gratis di RSGM Unhas

Penulis: Nur Izzati - Arfa Ramlan
Editor: Nur Hidayat Said
Yuk, Ikut Layanan Gigi Gratis di RSGM Unhas
Anak sekolah ikut kegiatan sikat gigi massal di pelataran RSGM Unhas, Kamis (11/10/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ratusan masyarakat Kota Makassar mengikuti pelayanan "Bulan Kesehatan Gigi Nasional" di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (11/10/2018).

Kegiatan yang dilakukan 11-13 Oktober ini dilaksanakan oleh brand perawatan kesehatan gigi dan mulut, Pepsodent, bekerja sama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (Afdokgi).

Layanan kesehatan gratis yang dilakukan yakni penyuluhan kesehatan, penambalan gigi, pencabutan gigi, pembersihan karang gigi, serta sikat gigi massal.

Division Head for Health and Wellbeing and Professional Institutions Unilever, Ratu Mirah Afifah, mengungkapkan kegiatan yang memasuki tahun ke-9 ditarget untuk memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan gigi kepada 1.000 warga Makassar dan sekitarnya.

"Antusiasme masyarakat selalu tinggi. Di sini, kita komitmen untuk mengedukasi, memberikan pelayanan gigi dan mulut, serta membiasakan masyarakat untuk melakukan perawatan gigi dan mulut," katanya.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas, Prof Bahruddin Thalib, mengungkapkan tidak ada persyaratan khusus untuk bisa mengikuti layanan kesehatan gigi dan mulut ini.

"Tidak ada syaratnya, mulai dari anak-anak maupun dewasa datang saja mendaftar disini (RSGM Unhas)," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinkes Sulsel, Bachtiar Baso, mengungkapkan Sulsel merupakan provinsi yang paling tinggi jumlah kasus caries giginya.

"Secara nasional, kasus caries di Sulsel sebesar 35 persen. Makanya, untuk menekan angka caries gigi, kita lakukan kerjasama dengan fakultas kedokteran gigi ini," tuturnya.

Salah seorang pasien, Rasiah (46) mengaku senang dengan adanya layanan BKGN yang diselenggarakan setiap tahun tersebut.

"Mau tambal gigi, tahun lalu tidak sempat ikut, karena tidak dapat informasi, pas hari terakhir baru tahu, tapi nomor antriannya sudah habis. Alhamdulillah tahun ini bisa ikut," ujarnya kepada Rakyatku.com.

Untuk bisa mendapatkan layanan gratis ini, calon pasien bisa datang pukul 08.00 untuk mengisi formulir dan mengambil nomor antrian. Sekedar diketahui, perharinya, layanan BKGN ini hanya melayani 250 pasien saja.