Kamis, 11 Oktober 2018 10:09 WITA

Diperiksa 6 Jam, Amien: Hanya 3 Jam, Selebihnya Makan, Salat dan Bercanda

Editor: Aswad Syam
Diperiksa 6 Jam, Amien: Hanya 3 Jam, Selebihnya Makan, Salat dan Bercanda
Amien Rais melambaikan tangan kepada para pendukung yang memadati halaman Polda Metro Jaya.

RAKYATKU.COM, JAKARTA -  Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, sejatinya memang berada di ruang penyidik Polda Metro Jaya, selama 6 jam pada Rabu (10/10/2018). Namun, dia mengaku waktu pemeriksaan dari penyidik hanya 3 jam. Selebihnya, makan, salat dan ngobrol penuh canda.

Kemarin, Amien Rais menghadiri panggilan kepolisian, sebagai saksi atas kasus kebohongan yang dilakukan Ratna Sarumpaet.

"Yang separuh itu untuk makan dan salat dan ngobrol ke sana ke mari," ujar Amien sebagaimana dilansir dari Detik.

Saat masuk, Amien memang tampak tegang. Dia membeber alasannya sehingga tidak menghadiri panggilan pertama kepolisian. Menurutnya, ada sejumlah kejanggalan. Antara lain, panggilan kepadanya tertanggal 2 Oktober. Padahal, penangkapan Ratna Sarumpaet pada 4 Oktober.

Namun saat keluar, Amien tampak rileks. Dia mengaku diperlakukan dengan hormat oleh penyidik Polda Metro Jaya.

"Saudara-saudara, saya merasa dihormati, dimuliakan oleh para penyidik. Jadi betul-betul suasananya akrab penuh tawa, penuh canda dan lain-lain," kata Amien Rais, (10/10/2018).

Amien memang disuguhi makanan gudeg, makanan khas Yogyakarta, di sela pemeriksaan. Polisi mengatakan, Amien merupakan tamu terhormatnya Polri. 

"Jadi kita kan melihat beliau ini tokoh nasional. Beliau jadi tamu terhormatnya Polri, Polda Metro Jaya, tidak ada salahnya kita perlakukan yang baik," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, saat dihubungi Detik, Kamis (11/10/2018).

Setyo mengatakan, tak ada pengistimewaan yang dilakukan terhadap Amien selama pemeriksaan. Namun, menurutnya, Amien layak diperlakukan terhormat karena ia merupakan tokoh nasional.

"Tidak ada (pengistimewaan), beliau tokoh nasional kemudian orang yang terhormatkan layak diperlakukan terhormat juga," kata Setyo.

Setyo enggan menyampaikan hasil terkait pemeriksaan, yang dilakukan penyidik terhadap pemeriksaan Amien. Dia mengatakan hal tersebut masuk dalam substansi penyidikan.

"Kalau itu (hasil penyidikan) masuk dalam substansi penyidikan, saya tidak bisa sampaikan di sini," ujar Setyo.