Kamis, 11 Oktober 2018 02:30 WITA

Amien Rais Ingin Bongkar Kasus Korupsi yang Mangkrak, KPK Iming-imingi Rp200 Juta

Editor: Abu Asyraf
Amien Rais Ingin Bongkar Kasus Korupsi yang Mangkrak, KPK Iming-imingi Rp200 Juta
Amien Rais

RAKYATKU.COM - Pernyataan Amien Rais yang ingin membongkar kasus dugaan korupsi yang mangkrak disambut KPK. Lembaga itu mengiming-imingi ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu uang Rp200 juta.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2018. PP ini mengatur tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Ya iya lah (bisa dapat Rp200 juta), kan PP 43 (PP Nomor 43 Tahun 2018) pasalnya tidak ada menyebut 'Pak Amien Rais dilarang menerima', ada enggak pasal itu? Enggak ada toh? Jadi laporanya nanti dilihat seperti apa," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Rabu (10/10/2018).

Kendati begitu, Saut mengatakan pemberian Rp200 juta kepada pelapor kasus korupsi harus melewati penilaian oleh penegak hukum, termasuk KPK. Penilaian itu dilakukan dalam waktu paling lama 30 hari kerja, terhitung sejak salinan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap diterima oleh jaksa.

Dalam memberikan penilaian, penegak hukum mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, peran aktif pelapor dalam mengungkap tindak pidana korupsi, kualitas data laporan atau alat bukti, dan risiko bagi pelapor.

KPK pun menyambut baik aturan yang diteken Presiden Joko Widodo dan telah diundangkan oleh Kementerian hukum dan HAM (Kemenkumham) tertanggal 18 September 2018. PP Nomor 43 Tahun 2018 itu telah masuk dalam lembaran negara RI tahun 2018 nomor 157.