Rabu, 10 Oktober 2018 22:15 WITA

Polda Tetapkan Pejabat BPN Lutim sebagai Tersangka

Penulis: Azwar Basir
Editor: Abu Asyraf
Polda Tetapkan Pejabat BPN Lutim sebagai Tersangka
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Penyidik Subdit III Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel resmi menetapkan satu tersangka terkait dengan kasus dugaan korupsi fee uang pembayaran, pembebasan lahan dan pengadaan tanah untuk pembangunan gedung Islamic Centre Kabupaten Luwu Timur (Lutim) tahun anggaran 2018. 

Dia adalah Kepala Seksi Pengadaan Tanah, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Luwu Timur, Andi Fahmi Amat yang berperan selaku panitia pengadaan tanah. 

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, berdasarkan hasil gelar perkara Andi Fahmi Amat telah ditetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka telah didasari minimal dua alat bukti tersangka. 

"Penetapan tersangka inisial AFA tersebut berdasarkan surat perintah penyidikan Nomor: Sp. Sidik /35/IX/2018 tgl 18 September 2018," ujar Dicky Sondani. 

Modus yang dilakukan oleh tersangka dalam kasus ini yakni, tersangka diduga telah meminta fee atas pembayaran uang jasa pelepasan hak (balik nama), sebesar 1,5 persen atau senilai Rp47.084.600 dari penerima ganti rugi. Terkait proyek pengadaan tanah untuk pembangunan gedung Islamic Center di Kabupaten Luwu Timur.

"Ada sebidang tanah dibeli oleh pemerintah untuk pembangunan Islamic Center di Luwu Timur. Ternyata oknum ini minta uang lagi kepada masyarakat yang menerima ganti rugi alasannya ada ketentuan," tuturnya. 

Dicky menuturkan dalam kasus ini tersangka melanggar Pasal 12 huruf e UU RI Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana. Dengan ancaman pidana minimal empat tahun penjara.

"Tapi tidak menutup kemungkinan dalam kasus ini, masih akan ada penambahan tersangka lain dalam kasus ini," tutupnya.

Berita Terkait