Rabu, 10 Oktober 2018 20:20 WITA

Harga BBM Premium Naik Ditunda Hingga Besok

Editor: Mulyadi Abdillah
Harga BBM Premium Naik Ditunda Hingga Besok
Foto: Dok/Rakyatku

RAKYATKU.COM - Pemerintah menunda kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium menjadi Rp 7.000 per liter. Awalnya, harga Premium rencananya dinaikkan per hari ini pukul 18.00 WIB.

"Sesuai arahan bapak Presiden rencana kenaikan harga Premium di Jamali menjadi Rp 7.000 dan di luar Jamali menjadi Rp 6.900, secepatnya pukul 18.00 hari ini, agar ditunda dan dibahas ulang sambil menunggu kesiapan PT Pertamina," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan, Rabu (10/10/2018).

Kementerian BUMN melalui Deputi Bidang Industri Strategis dan Media, Harry Sampurno kepada awak media menjelaskan, ia mengaku baru tahu soal rencana kenaikan harga BBM setelah ada pengumuman Menteri Jonan. 

"Jadi kita baru tahu tadi setelah Jonan sampaikan bahwa akan naik, dan kami tanyakan ke Bu Menteri bisa dilaksanakan apa tidak karena Pertamina baru naikkan Pertamax," kata Fajar dilansir dari CNBCIndonesia. 

Pertamina memang baru naikkan harga Pertamax Cs tadi pagi, pada pukul 11.00 WIB.

Dari sini, kata Fajar, Menteri Rini kemudian meminta mempertimbangkan syarat kenaikan harga BBM sesuai dengan peraturan presiden. "Kondisi keuangan negara, daya beli masyarakat, dan kondisi riil ekonomi," jelasnya.

Untuk pengumuman, kata dia, biasanya ada rapat koordinasi dipimpin oleh Menteri Koordinator Perekonomian supaya nanti bagaimana ke depannya. "Nanti kami rakor, Pak Jonan barusan bilang kenaikan ditunda hari ini dan besok."

Staf Khusus Menteri BUMN Wianda Pusponegoro menambahkan bahwa keputusan menunda ini memang datang dari Kementerian BUMN. "Kami dari BUMN menunda karena Pertamina tidak siap," katanya.