Rabu, 10 Oktober 2018 19:01 WITA

Pengacara Abu Tours Sebut Dakwaan Jaksa Salah Sasaran

Editor: Abu Asyraf
Pengacara Abu Tours Sebut Dakwaan Jaksa Salah Sasaran
Suasana sidang kasus Abu Tours di PN Makassar, Rabu (10/10/2018). (FOTO: ARFA RAMLAN/RAKYATKU.COM)

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Tim kuasa hukum Abu Tours mengecam pasal yang didakwakan jaksa penuntut umum kepada tiga petinggi Abu Tours Travel yang baru menjalani sidang perdana di PN Makassar, Rabu siang (10/10/2018). 

Dalam sidang yang digelar di ruangan Harifin Dg Tompo itu, jaksa penuntut umum menggunakan pasal penggelapan dan pencucian uang kepada masing-masing petinggi Abu Tours, Muh Kasim (manajer keuangan) dan kedua komisaris Abu Tours, Nursyariah Mansyur dan Khairuddin M Latang. 

Ketiganya didakwa pasal 372 dan 378 KUHP serta pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang. Ketiga terdakwa didakwa serupa dengan Direktur Utama PT Abu Tours Travel, Muh Hamzah Mamba. 

"Kita lihat ini kejahatan korporasi. Kalau kita ngomong korporasi yang mau dipersalahkan ya Abu Tours bukan orang-orang secara pribadi," kata ketua tim pengacara Abu Tours, Hendro Saryanto usai sidang. 

Hendro juga menyayangkan jaksa penuntut umum yang masih mendakwa ketiga tersangka Abu Tours. Menurutnya, jaksa juga telah mengakui bahwa kasus yang menimpa Hamzah Mamba dan kawan-kawan ini hanyalah kasus perdata karena berawal dari perjanjian. 

Hendro pun ragu jaksa bisa membuktikan pidana yang dijerat kepada kliennya itu bisa dibuktikan. 

"Ya kita lihat aja nanti. Kan saksi-saksinya banyak. Karena memang awalnya perjanjian. Nanti kita juga buktikan kalau di sini tidak ada niat jahat sama sekali," imbuhnya. 

Sebelumnya, empat terdakwa penipuan, penggelapan, serta pencucian uang jemaah calon umrah Abu Tours didakwa dua puluh tahun penjara oleh jaksa penuntut umum. 

Keempatnya diduga kuat menyalahgunakan dana 96.976 jemaah calon umrah yang mencapai angka sekitar Rp1,2 triliun untuk kepentingan pribadi.