Rabu, 10 Oktober 2018 18:18 WITA

"Donor Darah Yuk untuk Korban Gempa," Ajak Bupati Gowa

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Aswad Syam
Aksi donor darah yang digelar Pemkab Gowa, guna membantu stok darah bagi korban gempa dan tsunami di Sulteng.

RAKYATKU.COM, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, melakukan aksi kemanusiaan, lewat donor darah untuk para korban bencana alam gempa bumi dan tsunami, yang menimpa Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Aksi kemanusian donor darah Pemkab Gowa bekerjasama dengan PMI Provinsi Sulawesi Selatan dan PDAM Gowa, berlangsung di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (10/10/2018).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengajak seluruh elemen masyarakat Gowa dan Lingkup Pemkab Gowa, agar bersama-sama membatu masyarakat korban dengan mendonorkan darahnya pada kegiatan sukarela ini.

"Kejadian yang menimpa Palu dan Donggala, merupakan ujian bagi saudara kita di sana. Sehingga mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari kita. Mereka tidak akan melihat berapa besar jumlahnya, karena setetes darah kita itu sangat berarti," ajak Bupati Termuda di Kawasan Timur Indonesia itu.

Sebelumnya, Pemkab Gowa telah mengirimkan beberapa bantuan berupa makanan jadi, bahan makanan, pakaian, alat mandi, dan lainnya ke Sulawesi Tengah melalui jalur darat dan laut, dengan dua tahap.

Dirut PDAM Kabupaten Gowa, Hasanuddin Kamal, mengaku terpanggil untuk melaksanakan aksi sosial tersebut, untuk memenuhi kebutuhan darah para korban yang di Provinsi Sulawesi Tengah. 

"Kami sangat merasakan apa yang dirasakan oleh korban gempa di Palu. Makanya kami buat donor darah sukarela ini, supaya semua orang bisa membantu dengan hanya mendonorkan darahnya," kata Hasanuddin Kamal.

Hasanuddin menargetkan 200 kantong darah. Sebab, dari PDAM sendiri ada sekitar seratus orang yang bersedia mendonorkan darahnya secara sukarela.

"Kalau berbicara target itu 100 sampai 200 kantong darah. Karena kita sendiri di PDAM, sudah ada seratus lebih jika lolos kriteria donor, belum pejabat, staf dan ASN lainnya," bebernya.

Olehnya Hasanuddin berharap, dengan kegiatan ini, Kabupaten Gowa bisa terus berkontribusi dalam membantu korban di Sulawesi Tengah.

Aksi donor darah sukarela ini, turut dihadiri Kajari Gowa, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa, sekaligus menyumbangkan darahnya.