10 Oktober 2018 17:45 WITATim Rakyatku.Com : Sutrisno Zulkifli - Sartika Marzuki - Arfa Ramlan

LIVE REPORT: Opening Ceremony F8 Makassar

LIVE REPORT: Opening Ceremony F8 Makassar

Perhelatan Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau yang biasa disingkat dengan F8, akan di buka malam nanti, di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Rabu (10/10/2018).

  • 10 Oktober 2018 22:17

    Berpakaian Adat, Penyandang Disabilitas Nyanyikan Lagu untuk Mama

    Pemkot Makassar kembali melibatkan penyandang disabilitas dalam opening ceremony Makassar International Eight Festival and Forum (F8) di Anjungan Pantai Losari, Rabu (10/10/2018) malam.

    Tahun ini merupakan kali kedua bagi kaum difabel bisa tampil dalam event yang telah masuk dalam kalender nasional itu. Antusias pengunjung untuk menyaksikan penampilan mereka pun tak berubah.

    Tampil mempesona dengan pakaian adat Sulawesi Selatan, sekitar 20 orang terdiri atas laki-laki dan perempuan itu mempersembahkan satu buah lagu berjudul mama.

    "Teruntuk mama. Terima kasih telah melahirkan dan membesarkan kami dengan penuh kasih sayang," kata pria yang duduk di kursi roda itu sebelum mulai bernyanyi.

    Show Director Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8) 2018,  Sofyan Setiawan mengaku sangat terkesan dengan usaha-usaha yang ditunjukan para penyandang disabilitas selama proses latihan.

    "Saya awalnya berpikir, apakah mereka bisa tampil baik sebagai penyanyi. Tapi setelah dilakukan pendampingan, ternyata mereka mampu memberikan penampilan yang bisa membuat kami merinding," pungkasnya.

  • 10 Oktober 2018 21:50

    Pesona Pakaian Adat Empat Etnis

    Sebanyak 5 pasang model, berlenggak-lenggok di panggung utama F8 2018.

    Para model tersebut mengenakan pakaian adat empat etnis, yaitu Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja.

    Para model menjadi pusat perhatian para penonton, dengam membawa piranti-piranti pendukung khas adat, seperti badik.

    Parade fashion show ini adalah karya desainer Priyo Oktaviano.

  • 10 Oktober 2018 21:41

    1.000 Pelajar Unjuk Kearifan Lokal Bugis-Makassar

    Sebanyak 1000 pelajar terdiri dari 500 siswa SD dan 500 siswa SMP, juga unjuk gigi dalam pembukaan F8 2018, di Anjungan Pantai Losari, Makassar, pada Rabu (10/10/2018).

    Mereka melakukan tarian massal yang dikreasikan secara modern. Laki-lakinya, melakukan tarian ganrang Bulo. Sementara, bagi perempuan, ada yang mengenakan baju bodo memegang sebuah kipas, yang menarikan Peppe-peppe ri Makka.

    Ada juga kelompok tarian ketiga menggunakan pakaian khas dari kain sutera berwarna putih yang dibawakan oleh perempuan. Mereka melakukan tarian Tari Kalompoanna Pa'rasanganta.

  • 10 Oktober 2018 21:30

    "Bismillah", Gubernur Sulsel Buka F8 Makassar

    Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2018 resmi dimulai, pada Rabu (10/10/2018) malam, di Anjungan Pantai Losari.

    Kegiatan ini, secara seremonial dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah lewat ucapan basmalah, yang diikuti ledakan kembang api.

    Kegiatan ini, diawali dengan "saweran" berupa disodorkannya celengan, kepada para tamu-tamu perwakilan negara-negara peserta F8, juga perwakilan kepala daerah, eksekutif dan tamu undangan yang hadir, untuk didonasikan kepada korban gempa, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah. 

    Nurdin dalam sambutannya, mengaku, jika F8 merupakan agenda yang patut dibanggakan. Pasalnya, baru dilakukan tiga kali, F8 telah dimasukkan dalam 100 event nasional Wonderfull Indonesia Kementerian Pariwisata.

    Bukan cuma itu. Nurdin justru berharap lebih. Ke depan, katanya, diharapkan budaya lokal bisa lebih ditampilkan.

    "Saya yakin, seni budaya lokal kita, dapat menjadi atraksi yang menarik. Kita harus mengangkat budaya lokal kita untuk dikenal masyarakat dunia," cetus eks Bupati Bantaeng tersebut.

    Sebanyak 60 pengungsi Palu yang berada di Kota Makassar, juga diajak khusus untuk mengikuti agenda ini. Bahkan, para pengungsi diberi tempat istimewa seperti para tamu undangan lainnya.

  • 10 Oktober 2018 21:17

    Pray For Palu dan Donggala, Kotak Donasi Beredar

    Suasana sedih tiba-tiba menyelimuti opening ceremony Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8), Rabu (10/10/2018).

    Acara yang semula berlangsung semarak ini mendadak sunyi. Ratusan ribu masyarakat yang memadati Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur terdiam saat menyaksikan pemutaran video tentang gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.

    Video yang dengan jelas menggambarkan detik-detik terjadinya bencana di Sulawesi Tengah. Baik di Kota Makassar, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan daerah sekitarnya.

    Ditayangkan pula video Israel, bocah laki-laki yang belakangan viral, karena begitu tegar saat mengungkapkan perasaannya tentang kematian ibu yang menjadi korban gempa dan tsunami Palu.

    "Belum hilang dalam ingatan kita tentang bencana Lombok. Beberapa waktu lalu, kita kembali berduka, saudara terdekat kita di Sulawesi Tengah juga mendapat musibah yang begitu dahsyat," kata Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto dalam sambutannya.

    Perhelatan F8 2018, lanjut Danny, bukan hanya menjadi ajang untuk mengangkat budaya Sulawesi Selatan, khususnya Makassar. Tapi juga memiliki tujuan utama, yakni memberikan motivasi terhadap masyarakat Palu, Donggala dan sekitarnya.

    Selain dukungan moril, Pemerintah Kota Makassar juga kembali berupaya memberikan dukungan materil. Hal itu ditandai dengan adanya penggalangan dana bantuan untuk masyarakat Sulawesi Tengah.

    Penggalangan dana dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, yang turun langsung membawa kotak donasi untuk diedarkan kepada pengunjung selama perhelatan F8 2018.

  • 10 Oktober 2018 20:18

    Nurdin Abdullah dan Danny Datang, Pertunjukan F8 Dimulai

    Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto telah tiba, di kawasan Anjungan Pantai Losari, tempat dilaksanakannya pembukaan F8 2018.

    Bersama perwakilan Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti serta duta besar negara-negara peserta F8, mereka mengendarai Kapal Pinisi.

    Sebelumnya, mereka bersantap makan malam di Center Poin of Indonesia (CPI). Mengenakan khas songkok passapu, mereka disambut oleh para pengunjung dan sesekali melambaikan tangan menuju panggung.

  • 10 Oktober 2018 19:35

    Atraksi Sukhoi Hingga Flying Board

    Sejak sore tadi, Anjungan Pantai Losari sudah mulai dipadati ribuan pengunjung. Mereka antusias menyaksikan aneka pertunjukan yang ditampilkan dalam event tahunan F8 Makassar. Mulai dari atraksi sukhoi, paramotor, hingga flying board.

    Penampilan pertama yaitu atraksi empat sukhoi Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin. Kemudian disusul dengan aksi empat atlet paramator yang juga anggota TNI AU.

    Disusul dengan atraksi delapan flying board, yang merupakan gabungan atlet dari dalam dan luar negeri.

  • 10 Oktober 2018 19:22

    Panggung Utama F8 Mulai Sesak

    Panggung F8 2018, mulai disesaki pengunjung. Mulai dari orang tua hingga anak-anak tampak berantrean memasuki area.

    Pengisi acara, khususnya remaja dan anak-anak yang nantinya akan menari dan tarian tradisional "Ganrang Bulo", terlihat diarahkan oleh panitia penyelenggara, untuk mempersiapkan diri. 

    Di luar panggung, para pengunjung lainnya juga terlihat begitu padat. Jadwalnya, acara akan dimulai pada pukul 20.00 WITA.

  • 10 Oktober 2018 19:06

    Anjungan Pantai Losari Mulai Padat

    Anjungan Pantai Losari mulai padat jelang opening ceremony F8 Makassar, Rabu (10/10/2018). 

    Arus lalu lintas di Jl Metro Tanjung Bunga macet menuju Pantai Losari. 

  • 10 Oktober 2018 18:11

    Susunan Acara Hari Pertama Festival F8 Makassar

  • 10 Oktober 2018 18:06

    Atraksi Sukhoi

    Atraksi Pesawat Sukhoi mewarnai rangkaian jelang pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) 2018, pada malam ini (10/10/2018).

    Setelah atraksi Sukhoi, juga ada atraksi paralayang bermotor, yang juga menggaet perhatian para pengunjung. Paralayang yang dibawa oleh TNI AU tersebut, ada yang membawa spanduk bertuliskan "Sukseskan F8 2018".

  • 10 Oktober 2018 17:59

    Hindari Jalan Penghibur

    Dinas Perhubungan Kota Makassar dan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar, mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pengguna jalan, agar menghindari Jalan Penghibur.

    "Masyarakat dimohon berkenan. Sebaiknya dihindari, karena sepanjang Jalan Penghibur tepatnya di Anjungan Pantai Losari akan digunakan untuk acara pembukaan F8," kata Humas Dinas Perhubungan Kota Makassar, Azis Sila.

    Imbauan ini disampaikan guna mencegah terjadinya kemacetan di area ikon Kota Makassar tersebut. Pasalnya, F8 akan dihadiri oleh beberapa negara. Sehingga arus lalu lintas diprediksi sangat padat.

    "Di hari pembukaan F8, Jalan Penghibur kita maksimalkan sebagai lajur yang akan dilalui tamui VVIP, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri," ungkapnya.

  • 10 Oktober 2018 17:58

    Lokasi Parkir

    Ada 10 tempat titik parkiran, yang disediakan oleh penyelenggara dalam perhelatan F8 Makassar. Yaitu Center Poin of Indonesia (CPI), Hotel Rinra/Pinisi Poin, dan Celebes Convention Center (CCC).

    Selain itu, di RS Siloam, lahan samping RS Siloam, Taman GMTD, Jalan Josef Latumaniha, Jalan Penghibur, Jalan Maipa, dan Jalan WR Supratman.

  • 10 Oktober 2018 17:45

    Jelang Opening Ceremony F8 Makassar

    Perhelatan Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau yang biasa disingkat dengan F8, akan dibuka malam nanti, di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Rabu (10/10/2018).

  Live Report Terkait