Rabu, 10 Oktober 2018 15:46 WITA

Kemensos Apresiasi Kinerja Pemprov Sulsel Tangani Pengungsi Sulteng

Editor: Nur Hidayat Said
Kemensos Apresiasi Kinerja Pemprov Sulsel Tangani Pengungsi Sulteng

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Sosial Republik Indonesia mengapresiasi langkah penanganan Pemprov Sulsel dalam mengurus pengungsi korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah. 

Hal ini dikemukakan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat, saat berkunjung ke lokasi pengungsian di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (10/10/2018).

"Patut diapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh Pemprov Sulsel, baik Dinas Sosial maupun unit kerja lain. Apresiasi karena kebutuhan dasar sudah terpenuhi. Ini jauh lebih baik dari kondisi di Palu. Kebutuhan lain, seperti sandang juga cukup terpenuhi. Ini yang positif," tutur Harry.

Selain itu, Harry juga meminta agar layanan dukungan psikososial lebih diintensifkan. Bukan hanya bagi anak-anak saja, tetapi juga bagi pengungsi dewasa. "Persoalan psikologis perlu diberikan penanganan. Trauma healing sangat penting, termasuk bagi orang dewasa," katanya.

Pada kesempatan ini, Harry juga mengimbau kepada warga Sulawesi Tengah yang mengungsi, untuk bisa menyiapkan diri kembali ke wilayah mereka.

"Kembali ke Palu, bangun Palu," ujar Harry di hadapan pengungsi yang ada di Asrama Haji Sudiang Makassar.

"Pesan Bapak Mensos, masyarakat yang berasal dari Sulteng. Jika kondisi di sana sudah aman dan ada mekanisme yang diambil Pemda, diimbau kembali ke Palu," lanjutnya.

Untuk waktu, menurut Harry, sangat relatif, bergantung seperti apa kondisi di Palu dan sekitarnya.

loading...

Menurut Harry, saat ini Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah sedang menyiapkan hunian sementara bagi masyarakat yang kehilangan tempat tinggalnya. "Ada Huntara (hunian sementara) yang disiapkan. Makanya bangun terus komunikasi dengan keluarga di sana," jelasnya.

Sementara, Perwakilan Markas Besar (Mabes) TNI, Laksma TNI Anwar Saadi, menyampaikan kondisi Palu saat ini sudah kondusif. Seperti listrik yang saat ini sudah kembali normal dan bebeberapa perkantoran sudah mulai beroperasi.

Untuk itu, menurut Anwar, masyarakat Palu sudah sangat memungkinkan untuk kembali. "Situasi Palu dalam kondisi yang sangat kondusif. Ekonomi sudah dilaksanakan oleh masyarakat. Aspek sosial, ekonomi termasuk keamanan sudah sangat baik," jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ilham A Gazaling, menjelaskan dalam penanganan pengungsi, selain menyiapkan tempat penampungan sementara, pihaknya juga menyiapkan kebutuhan dasar pokok bagi seluruh pengungsi yang ditampung.

"Baik itu kebutuhan pakaian, termasuk makan mereka dalam sehari, semua kita penuhi dengan baik," katanya.

Selain itu, lanjut Ilham, pihaknya juga mencoba untuk memfasilitasi pengungsi yang akan melanjutkan perjalanan ke daerah lainnya. "Kami koordinasi dengan Dinsos daerah lain, sehingga pengungsi yang akan melanjutkan perjalanan bisa difasilitasi," tuturnya.

Menurut Ilham, seluruh pelayanan yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel akan berlangsung hingga seluruh pengungsi yang ditampung di Asrama Haji kembali ke daerah masing-masing.

Loading...
Loading...