Selasa, 09 Oktober 2018 20:24 WITA

Dibahas 10 Bulan, DPRD Makassar Sahkan Ranperda Perlindungan Anak Pekan Ini

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Abu Asyraf
Dibahas 10 Bulan, DPRD Makassar Sahkan Ranperda Perlindungan Anak Pekan Ini
Suasana FGD yang digelar sekretariat DPRD Makassar, Selasa (9/10/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar forum group discussion membahas perencanaan kebijakan dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Acara itu berlangsung di Pasar Hartaco Makassar, Selasa (9/10/2018).

FGD tersebut menghadirkan pembicara akademisi Andi Yudha Yunus, Wakil Ketua Pansus Perlindungan Anak Yeni Rahman, dan Ketua Ikatan Keluarga Anggota DPRD Makassar, Sherly Farouk.

Kegiatan itu bagian dari perampungan Ranperda Perlindungan Anak. Setelah dibahas selama 10 bulan, rancangan Perda tersebut dijadwalkan akan disahkan pekan ini.

"Setelah dilakukan berbagai pertimbangan dalam pembahasan dengan 24 anggota Panitia Khusus (Pansus), alhamdulillah pekan ini akan disahkan," ungkap Yeni Rahman.

Loading...

Yeni menjelaskan, Ranperda inisiatif DPRD Kota Makassar itu memakan waktu lama karena alotnya pembahasan di Pansus. "Jadi misalnya anggota Pansus ini tidak setuju dalam pembahasan, akan dipending. Makanya lama," paparnya.

Adapun Yuda Yunus, selaku konsultan perlindungan anak mengapresiasi DPRD Kota Makassar segera disahkannya Ranperda tersebut. Sejauh ini, kata dia, hanya Kota Makassar yang memiliki Perda Perlindungan Anak.

"Dalam tahapan perlindungan anak ada tiga kerangka. Kata melindungi paling penting. Setelah melindungi, orang cerita pemenuhan, misalnya fasilitas bermain dampak dari suatu masalah. Setelah pemenuhan, orang bicara perlindungan yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar dan ini sudah terpenuhi," jelas Yudha Yunus.

Loading...
Loading...